Waskita Karya Disanksi

Menteri BUMN Segera Beri Sanksi Terhadap Kontraktor Waskita Karya

Pertama pada Agustus 2017 terjadi kecelakaan berupa jatuhnya crane LRT Palembang pada Agustus 2017.

Menteri BUMN Segera Beri Sanksi Terhadap Kontraktor Waskita Karya
Tribun Jakarta
Bekisting pierhead di proyek Tol Becakayu roboh di Jalan DI Panjaitan, Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Selasa (20/2/2018) pukul 00.30 WIB. Polisi sudah memasang garis polisi di lokasi. TRIBUNJAKARTA.COM/IKHSAN ABRIANTO 

WARTA KOTA, BOGOR - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menegaskan akan memberi hukuman ke direksi PT Waskita Karya (Persero) Tbk. 

Sanksi yang diberikan Rini terkait sejumlah kecelakaan kontruksi di proyek milik Waskita Karya.

"Kita review sekarang sedang finalisasi apa sanksi yang akan dikenakan," ujar Rini saat ditemui di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (27/3/2018).

Mengenai keputusan perombakan direksi, Rini menjelaskan hal itu karena manajemen dinilai lalai dalam melakukan pengawasan pembangunan konstruksi.

Sehingga, perlu adanya perombakan manajemen, dengan mengganti beberapa direksi dan menambah satu direksi yang akan fokus pada sektor keamanan.

"Seharusnya selalu menjaga supaya sesuai standard operation procedure itu (SOP) dan ini ternyata terabaikan, jadi otomatis adalah kesalahan manajemen, secara total," kata Rini.

Adapun rangkaian kecelakaan konstruksi di proyek Waskita Karya telah terjadi mulai 2017.

Pertama pada Agustus 2017 terjadi kecelakaan berupa jatuhnya crane LRT Palembang pada Agustus 2017.

Lalu pada September 2017 kecelakaan terjadi pada proyek jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Bocimi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kemudian Oktober 2017 girder box jatuh di proyek jalan tol Pasuruan-Probolinggo, Jawa Timur, dan pada November 2017 crane jatuh di jalan tol Jakarta-Cikampek.

Memasuki 2018, pada Februari terjadi kecelakaan konstruksi di proyek Waskita di jalan Perimeter Selatan, yang digunakan untuk Kereta Api Bandara Soekarno Hatta.

Pada 20 November 2018, terjadi pemerosotan cor pembangunan Tol Becakayu pada 20 Februari 2018.

Terakhir terjadi 18 Maret 2018 kemarin, batang besi proyek pembangunan Rusun Pasar Rumput terjatuh dan mengakibatkan satu orang meninggal dunia. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved