Jalan Kalimalang Tanpa Trotoar Mengakibatkan Pejalan Kaki Sering Diserempet Kendaraan Bermotor

Pokoknya, kalau warga lewat sini saingan sama kendaraan, apalagi kalau lagi macet.

Jalan Kalimalang Tanpa Trotoar Mengakibatkan Pejalan Kaki Sering Diserempet Kendaraan Bermotor
Warta Kota/Muhamad Azzam
Pembiaran yang dilakukan oleh pemerintah dapat membahayakan para pengguna jalan terutama pejalan kaki. 

WARTA KOTA, DUREN SAWIT -- Tidak adanya trotoar di sepanjang Jalan Inspeksi Kalimalang, Duren Sawit Jakarta Timur menyebabkan para pejalan kaki kerap tersenggol motor yang melintas.

Persoalan ini, bagi pejalan kaki kerap bersaing dengan pengendara motor untuk melintasi jalan.

"Saya sering kesenggol stang motor kalo lewat sini, soalnya kan saya ambil sisi jalan karena di sini enggak ada tempat pejalan kakinya. Pokoknya kalau lagi lewat sini kaya lagi saingan sama kendaraan gitu, apalagi kalau lagi macet, tidak tersisa jalan untuk pejalan kaki," ucap Wati salah seorang pejalan kaki, Selasa (27/3/18).

Ia berharap, instansi terkait yakni Dinas Bina Marga DKI Jakarta membuatkan pedestrian di sepanjang Jalan Inspeksi Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Sebab, pembiaran yang dilakukan oleh pemerintah dapat membahayakan para pengguna jalan terutama pejalan kaki.

Keluhan itu juga disampaikan Rizki Fauzi, yang bekerja di kantor swasta daerah tersebut. Ia kerap kali khawatir saat berjalan di daerah tersebut untuk membeli makan.

"Ini kan tidak ada pembatas jalan buat pejalan kaki sama kendaraan. Padahal kondisi Jalan Kalimalang ini kerap terjadi kemacetan, jadi kami pejalan kaki suka susah untuk jalan, masa kita ikut-ikutan macet juga, ya pas jalan jadinya kayak diburu-buru dibelakang kita kan motor, bahaya lah," katanya.

Pembiaran yang dilakukan oleh pemerintah dapat membahayakan para pengguna jalan terutama pejalan kaki.
Pembiaran yang dilakukan oleh pemerintah dapat membahayakan para pengguna jalan terutama pejalan kaki. (Warta Kota/Muhamad Azzam)

Begitu juga Sayyid, ia pernah terserempet mobil saat berjalan di daerah tersebut.

Sayyid mengungkapkan, kondisi Jalan Kalimalang setelah dibangun Tol Becakayu sudah cukup bagus, akan lebih indah lagi jika dilengkapi fasilitas trotoar untuk pejalan kaki.

"Tol sudah jadi, jalan jalan juga sudah mulai banyak ditata dan diperbaiki. Bangun trotoar di sepanjang jalan yang pengerjaan Tol nya sudah rampung aja dulu. Kawasan ini kan padat kendaraan, harus segera dibangun trotoar buat keselamatan dan menambah keindahan," ujarnya. (Muhamad Azzam)

Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help