Genangan di Kawasan Sunter dan Kelapa Gading Sudah Mulai Surut

Hujan lebat yang melanda kawasan Ibu Kota Jakarta berdampak banjir di sejumlah titik seperti di Jakarta Utara.

Genangan di Kawasan Sunter dan Kelapa Gading Sudah Mulai Surut
Banjir di Boulevard Barat, Kelapa Gading, Selasa (27/3). (Foto: Muhamad Azzam) 

WARTA KOTA, TANJUNG PRIOK-- Hujan lebat yang melanda kawasan Ibu Kota Jakarta berdampak banjir di sejumlah titik seperti di Jakarta Utara.

Banjir nampak menggenangi sejumlah wilayah, seperti Sunter dan Kelapa Gading.

Banjir terjadi di sekitar Masjid Astra Sunter, Tanjung Priok. Banjir merendam ruas jalan hingga setinggi 50 sentimeter, atau setinggi paha dewasa.

Banjir di area Masjid Sunter, Selasa (27/3). (Foto: Muhammad Azzam)
Banjir di area Masjid Sunter, Selasa (27/3). (Foto: Muhammad Azzam) ()

Akibatnya, sejumlah kendaraan yang memaksa melintas mengalami mogok mesin.

Banjir juga terjadi di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Genangan sekitar 50 sentimeter terjadi di Jalan Raya Boulevard Barat dan juga depan Mall Kelapa Gading.

Lurah Sungai Bambu, Sumarno mengatakan, kondisi genangan mulai terjadi sejak hujan deras tadi sekitar pukul 14.00 tadi. Ketinggian genangan terus meningkat hingga kedalaman bervariasi antara 60-70 sentimeter di titik terdalam.

"Kondisinya saat ini belum bisa dilintasi. Biasanya kalau hujan reda dalam satu kemudian sudah surut," jelasnya, saat dikonfirmasi, Selasa (27/3/18).

Menurut Sumarno, saat ini pihaknya sudah menerjunkan belasan petugas PPSU untuk membantu bila ada warga yang terjebak genangan maupun mengarahkan warga agar jangan sampai terjebak genangan.

"Saat ini juga sedang ditangani melalui pompa Gaya Motor 1 dan 3. Mudah-mudahan bisa segera surut,"ujarnya.

Sementara untuk mengatasi genangan di Jalan Boulevard Barat, Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Kelapa Gading telah dilakukan penyedotan air menggunakan pompa.

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mengerahkan sebanyak tiga unit pompa mobile untuk mengantisipasi genangan di Jl Boulevard Barat, Kelapa Gading. Masing-masing pompa berkekuatan 200 liter perdetik.

Kepala Satuan Pelaksana Ssumber Daya Air Kecamatan Kelapa Gading, Rukmana menjelaskan, penempatan ketiga pompa diujung Jl Boulevard Barat seberang MOI bertujuan mempercepat aliran air menuju Kali Sunter.

"Saat ini ketinggian sudah mulai surut sekitar 30 sentimeter. Sampai saat ini lalulintas tidak masalah," katanya, Selasa (27/3).

Dijelaskan Rukmana, keberadaan pompa mobil sementara waktu akan tetap dipertahankan di lokasi tersebut. Keberadaannya bertujuan mengantisipasi bila hujan deras kembali turun dan memicu banjir sehingga memutus lalulintas.

"Saat ini hujan sudah reda. Mudah-mudah bisa segera surut dan genangan tuntas," tandasnya. (Muhamad Azzam)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved