Buka Wawasan Peserta Didik, PPKPI Gandeng OK OCE

Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri Pasar Rebo kini menjalin kerjasama dengan pihak OK OCE (One Kecamatan One Center for Entrepreneurship).

Buka Wawasan Peserta Didik, PPKPI Gandeng OK OCE
Warta Kota/Dwi Rizki
Ketua Perkumpulan Gerakan OK OCE DKI Jakarta, Faransyah Jaya memberikan pelatihan OK OCE kepada sebanyak 140 orang peserta didik Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri (PPKPI) Pasar Rebo di Bengkel Otomotif, Komplek PPKPI Pasar Rebo, Pasar Rebo, Jakarta Timur pada Selasa (27/3/2018). Dalam pertemuan kedua tersebut, para peserta diberikan pelatihan dasar dan manajemen usaha sebagai bekal berwirausaha. 

WARTA KOTA, PASAR REBO - Tidak hanya sebatas memberikan pelatihan keterampilan kepada para peserta, Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri (PPKPI) Pasar Rebo kini menjalin kerjasama dengan pihak OK OCE (One Kecamatan One Center for Entrepreneurship).

Tujuannya, tidak hanya mencetak tenaga kerja terampil, pelatihan OK OCE diharapkan dapat membuka kesadaran untuk berwirausaha.

Kerjasama tersebut diungkapkan Kepala PPKPI Pasar Rebo, Anwir Ismail sejalan dengan misi pihaknya untuk mencetak tenaga kerja terampil.

Hanya saja, pelatihan yang semula difokuskan kepada penyaluran tenaga kerja di bidang sektoral, kini diarahkan untuk menjadi wirausaha mandiri.

"Pelatihan memang sebelumnya diarahkan untuk mencetak pekerja terampil, fokusnya untuk menekan pengangguran. Sekarang ini kita rubah mindset-nya (pola pikir), bukan hanya menjadi pekerja tapi justru berwirausaha," ungkapnya usai pelatihan OK OCE di Bengkel Otomotif, Komplek PPKPI Pasar Rebo, Pasar Rebo, Jakarta Timur pada Selasa (27/3/2018).

Baca: Jonathan Bauman Cetak Gol Perdana di Laga Uji Tanding Persib

Sebab, lanjutnya, tidak hanya cukup bermodalkan niat, bekal keterampilan dibutuhkan untuk membuka usaha. Sehingga, pelatihan OK OCE yang meliputi perencanaan hingga manajemen usaha melengkapi keterampilan peserta untuk menjadi pengusaha.

"Dibandingkan bekerja di perusahaan, pastinya lebih mulia kalau kita berusaha, membuka lapangan kerja sendiri dan mempekerjakan orang lain, apalagi kalau usaha berkembang dan mempekerjakan orang lain. Jadi lewat OK OCE ini, target bukan cuma pengurangan pengangguran, tapi juga penciptaan lapangan kerja," tutupnya.

Seperti diketahui, pelatihan OK OCE yang diikuti oleh sebanyak 140 orang peserta didik PPKPI Pasar Rebo itu didampingi langsung oleh Ketua Perkumpulan Gerakan OK OCE DKI Jakarta, Faransyah Jaya.

Dalam pertemuan kedua tersebut, para peserta diberikan pelatihan dasar dan manajemen usaha sebagai bekal berwirausaha. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved