Bayi Prematur yang Dilahirkan di Masjid Bekasi Berjuang Hidup Pakai Ventilator

Bayi yang belum bernama ini mengandalkan alat bantu medis berupa ventilator untuk bernapas, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi.

Bayi Prematur yang Dilahirkan di Masjid Bekasi Berjuang Hidup Pakai Ventilator
WARTA KOTA/FITRIYANDI AL FAJRI
Warga Kampung Rawa Aren RT 02/22, Arenjaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, dikejutkan dengan penemuan sesosok mayat perempuan di Masjid Nurul Hidayah, Senin (26/3/2018) pagi. 

WARTA KOTA, BEKASI - Bayi laki-laki yang dilahirkan prematur oleh Astri Kristanti Putri (28) di Masjid Nurul Hidayah, Kampung Arenjaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Senin (26/3/2018) kemarin, masih mendapat perawatan medis.

Bayi yang belum bernama ini mengandalkan alat bantu medis berupa ventilator untuk bernapas, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi.

Kepala Seksi Pelayanan Medis RSUD Kota Bekasi dr Librianti mengatakan, bayi tersebut masih mengandalkan ventilator, karena sistem pernapasannya belum matang akibat terlahir prematur.

Baca: Perempuan di Bekasi Tewas Usai Melahirkan Bayinya di Masjid

Tim dokter memproyeksikan, bayi tersebut lahir saat usia di kandungan sekitar 30 minggu atau 7,5 bulan. Sedangkan usia kelahiran bayi pada umumnya sekitar sembilan bulan di dalam kandungan.

"Kita berupaya mempertahankan kehidupannya dengan memasang alat bantu ventilator untuk bernapas," kata Librianti, Selasa (27/3/2018).

Librianti mengatakan, kondisi bayi malang itu masih terlihat lemah. Dokter memberikan asupan makan dan minum pengganti air susu ibu (ASI) melalui selang infus. Menurut dia, kasus bayi terlahir prematur yang dibantu dengan ventilator merupakan hal biasa.

Baca: Proyek Sangkuriang Rehab Total 100 Sekolah di Jakarta Bakal Terlambat Rampung

Kasus ini, katanya, juga bisa terjadi pada bayi yang terlahir saat berusia sembilan bulan di kandungan. Dia memperkirakan, butuh waktu satu hingga dua bulan bagi bayi tersebut mendapat alat bantu ventilator.

"Kondisinya kurang sehat, tapi kita terus berjuang supaya dia sehat," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help