Kecurangan Diungkap Warga Bikin SPBU Condet Tak Layani Pertalite

SPBU tersebut tidak melayani pengisian Pertalite karena akan ada pemeriksaan oleh dinas terkait.

Kecurangan Diungkap Warga Bikin SPBU Condet Tak Layani Pertalite
warta kota/Joko Supriyanto
Curang. 

WARTA KOTA, KRAMATJATI -- Pasca viralnya sebuah SPBU di media sosial atas seorang pria yang protes ketika melakukan pengisian Bahan Bakar Minyak jenis Pertalite karena kecurangan terbongkar.

Hingga saat ini, SPBU tersebut tidak melayani pengisian Pertalite karena akan ada pemeriksaan oleh Dinas Metrologi atas peristiwa tersebut.

"Ini digembok karena dari pihak pertamina mau dilakukan pengecekan bersama Dinas Metrologi," kata Salah satu petugas pengawasan SPBU Condet, Arifin, Senin (26/3/2018).

Praktik SPBU curang dibongkar warga.
Praktik SPBU curang dibongkar warga. (warta kota/Joko Supriyanto)

Dikatakan Arifin bahwa sebelumnya pihak pertamina sudah melakukan pengecekan terhadap kondisi mesin, namun tidak ditemukan masalah.

"Tidak ada masalah dari mesin semua sudah kita cek yang saya tahu itu saja," katanya.

Sementara itu Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III, Dian Hapsari Firasati mengatakan bahwa pihaknya memang melakukan penutupan pada nozzel pertalite untuk dilakukan pemeriksaan.

"Setelah kami melakukan uji tera sesuai dengan ketentuan standar Pertamina, didapatkan bahwa nozzle tersebut sudah tidak sesuai standar yaitu dengan batas toleransi dibawah -60 ml per 20 liter. Kita dapati nozzle tersebut setelah diuji tera masih berada pada batas toleransi yang sesuai yaitu -40 ml per 20 liter," kata Dian.

Dian menambahkan, Saat ini nozzle Pertalite tersebut sementara kami tutup untuk dilakukan pengecekan oleh badan yang berwenang yaitu Badan Metrologi yang akan dilakukan pada Senin (26/3).

"Ini merupakan langkah pertamina memastikan pelayanan kepada konsumen. Kami pun menghimbau kepada masyarakat apabila ditemukan ada kejadian yang tidak sesuai agar dapat menghubungi contact center kami di 1 500 000," katanya.

Praktik SPBU curang dibongkar warga.
Praktik SPBU curang dibongkar warga. (warta kota/Joko Supriyanto)

Sebelumnya sebuah video beredar saat seorang pengemudi tengah mengisi bahan bakar di SPBU, saat itu angka di mesin pengisian bahan bakar menunjukan angka 78 liter padahal mobil jenis Nissa Serena hanya memiliki kapasitas 60 liter.

Atas hal tersebut pemilik mobil protes kepada pihak SPBU dan menyangka adanya kecurangan yang dilakukan oleh pengelola. (JOS)

Caption foto; kondisi lokasi SPBU yang sempat viral di media sosial saat pengendara mobil nissan serena melakukan pengisian bensin pertalite.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved