Jembatan Cipamingkis di Kabupaten Bekasi Longsor, Nyawa Warga Terancam

Warga Kampung Loji, Desa Cibarusah Kota, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, nyaris terisolir.

Jembatan Cipamingkis di Kabupaten Bekasi Longsor, Nyawa Warga Terancam
WARTA KOTA/FITRIYANDI AL FAJRI
Jembatan Cipamingkis di Kabupaten Bekasi nyaris ambruk. 

WARTA KOTA, BEKASI - Warga Kampung Loji, Desa Cibarusah Kota, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, nyaris terisolir.

Penyebabnya, jembatan Cipamingkis yang menjadi penghubung dengan tiga Desa Sirnajati, Ridogalih, dan Ridomanah, terancam ambruk.

Di ujung jembatan atau di sekitar tiang penyangga jembatan, longsor, sehingga hanya bisa dilintasi pemotor. Sedangkan pengendara mobil terpaksa memutar arah lewat Kampung Luwi, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca: Pemerintah Pastikan Tarif Listrik Takkan Naik Hingga Akhir 2019

"Kondisi jembatan sangat mengkhawatirkan, kami takut nyawa terancam saat melintasi jembatan ini," kata Syukur, Senin (26/3/2018).

Syukur mengatakan, penutupan jalan telah dilakukan oleh aparatur bersama kepolisian setempat sejak Jumat (23/3/2018) lalu. Awalnya, longsor hanya berada di tepi jalan, namun kini merembet ke tengah jalan atau hampir ke bagian mulut jembatan.

"Kalau pengendara motor masih bisa melintas, sedangkan mobil tidak bisa melintas," ujarnya.

Baca: Anwar Fuady: Artis Sudah Ditangkap Masih Pakai Narkoba, Nyabu Lah di Nusakambangan Sampai Mati

Camat Cibarusah Enop Chan menambahkan, longsor tanah di sekitar tiang penyangga jembatan disebabkan abrasi. Menurut dia, tanah amblas karena tergerus arus Sungai Cipamingkis ketika debit sungai itu meningkat.

"Kami sudah melaporkan secara tertulis kondisi Jembatan Cipamingkis maupun titik longsor kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi. Kami berharap agar perbaikan bisa segera dilakukan," tuturnya.

Jembatan Cipamingkis di Kecamatan Cibarusah pernah ambruk pada 2009 silam. Pemerintah kemudian melakukan perbaikan. Setahun kemudian, jembatan tersebut rampung dibangun, dan digunakan lagi.

Baca: Jokowi Didesak Bentuk TGPF Novel Baswedan, Fahri Hamzah Bilang Begini

Kepala Bidang Pengelolaan Jembatan dan Jalan pada Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Heru Pranoto, mengaku telah mengecek langsung kondisi jembatan itu. Dia menyatakan, Bulan April pihaknya akan melakukan perbaikan di ruas jembatan itu.

"Kami akan laporkan secara terperinci kondisi yang sebenarnya, agar nantinya ada tindakan untuk perbaikannya. Karena ini membahayakan bagi pengguna jalan, untuk sementara Jembatan Cipamingkis ditutup," paparnya. (*)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved