UNIMA Indonesia Menggelar Perayaan Hari Wayang Dunia di Taman Mini Indonesia Indah

Saat ini budaya dan peradaban modern seakan saling bertentangan. Oleh karena itu nilai-nilai kearifan lokal harus terus dijaga.

UNIMA Indonesia Menggelar Perayaan Hari Wayang Dunia di Taman Mini Indonesia Indah
Istimewa
Pengurus UNIMA Indonesia menggelar perayaan Hari Wayang Dunia. 

WARTA KOTA, CIPAYUNG---Saat ini budaya dan peradaban modern seakan saling bertentangan. Oleh karena itu nilai-nilai kearifan lokal harus terus dijaga.

Pendapat itu disampaikan Presiden Union Internationale de la Marionnette (UNIMA) Indonesia, TA Samodra Sriwidjaja, saat peringatan Hari Wayang Dunia di Anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Rabu (21/3/2018).

"Local wisdom (kearifan lokal) tersebut beberapa di antaranya terkandung di dalam cerita wayang, yang menjadi sumber narasi, seperti sanggit, cerita suluk, sabetan," kata Samodra.

Baca: Sentra Wayang Golek di Kota Bogor: Enday Media Dapat Order dari Eropa

Samodra mengatakan, kekekalan sesuatu yang baik adalah hal yang kerap sulit dijaga.

Tanpa proteksi budaya lokal berangsur kehilangan esensinya di tengah peradaban masyarakat global.

UNIMA Indonesia, kata Samodra, melakukan berbagai upaya secara fundamental.

Pihaknya terus menumbuh kembangkan nilai-nilai yang terkandung dalam wayang, antara lain seperti dalam ungkapan Sura dira Jaya Diningrat, lebur dening pangastuti.

"Secara umum makna ungkapan ini adalah, segala sifat keras hati, picik, dan angkara murka hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut, dan sabar. Suri teladan para pemimpin terus dikembangkan, misalnya tidak korupsi, jujur dan adil. Ungkapan ini rasanya relevan dengan situasi sekarang," kaat Samodra.

UNIMA Indonesia sebagai bagian dari UNIMA Internasional merupakan organisasi bertaraf internasional yang didirikan pada tahun 2009 oleh Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Sena WangiI) dan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi).

Halaman
12
Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved