Home »

News

» Jakarta

Sudin KPKP Jakarta Barat Telah Sertifikasi Kesehatan Unggas 782 Ekor

Sebanyak 782 ekor unggas tercatat telah sertifikasi kesehatan oleh Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Barat.

Sudin KPKP Jakarta Barat Telah Sertifikasi Kesehatan Unggas 782 Ekor
Warta Kota/Bintang Pradewo
Petugas saat melakukan swepping unggas di Kebayoran Lama Utara, Selasa (22/3). 

WARTAKOTA, PALMERAH -- Tercatat hingga Maret 2018, sebanyak 782 ekor unggas tercatat telah sertifikasi kesehatan oleh Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat.

"Kebanyakan, pemeriksaan ini dilakukan pada unggas jenis burung ocehan ada 706 ekor, dan burung perkutut mencapai 36 ekor. Ketiga ada ayam hias dan ayam aduan. Ayam hias ada 22 ekor sedangkan ayam aduan 18 ekor yang kini telah diperiksa dan disertifikasi kesehatannya," jelas Kasudin KPKP Jakarta Barat, Marsawitri Gumay, Kamis (22/3/2018).

Dikatakannya, sertifikasi kesehatan unggas ini digelar di tiga kecamatan di Jakarta Barat.

"Kalideres, Palmerah dan Kebon Jeruk. Terdata sementara sertifikasi kesehatan paling banyak di Kecamatan Kebon Jeruk, sebanyak 44 ekor unggas, kemudian disusul dengan Kecamatan Kalideres, yaitu 42 ekor. Sedangkan Palmerah, hanya 32 ekor.

Dijelaskan Marsawitri jika dari pemeriksaan itu tak ditemukan ada unggas mengidap penyakit berbahaya.

Penyuntikan vaksinasi ke sejumlah unggas, papar Marsawitri, telah dilakukan dan Kegiatan tersebut digelar setiap hari.

"Puluhan petugas di setiap kelurahan yang ada di Jakarta Barat sudah dikerahkan, dan saat ini kami juga menargetkan tahun ini 1000 unggas dapat diperiksa kesehatannya. Jumlah ini, jauh lebih besar dibanding tahun sebelumnya, yang sudah berhasil diperiksa, sebanyak 3.340 ekor unggas saja," paparnya. 

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help