Moeldoko Bertemu Asman Abnur Bahas Bahas Tiga Isu Penting

Moeldoko, menerima kunjungan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur.

Moeldoko Bertemu Asman Abnur Bahas Bahas Tiga Isu Penting
istimewa
Pertemuan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko dan Menpan-RB Asman Abnur, Rabu (21/3/2018) di Gedung Bina Graha, Jakarta. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko, menerima kunjungan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, di kantornya, Gedung Bina Graha, Jakarta, pada Rabu pagi (21/3/2018).

Keduanya membahas tiga isu penting untuk mempercepat reformasi birokrasi yang sudah sangat mendesak.

Ketiga topik penting yang dibahas adalah Undang-undang Aparatur Sipil Negara, modernisasi pengadaan barang dan jasa, dan penguatan inspektorat daerah.

”Kinerja Kementerian PAN-RB sudah berjalan baik, karena reformasi birokrasi sesungguhnya tantangannya tidak mudah dan masalahnya sangat kompleks. Tetapi Kementerian PAN-RB dapat mengerjakannya,” kata Moeldoko dalam website resmi KSP.

Beberapa kegiatan atau program yang dipandang cukup berhasil antara lain adalah efisiensi anggaran dan kinerja SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan), penyederhanaan lembaga non struktural (LNS) dan Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK), serta tersedianya mall pelayanan satu pintu di banyak titik.

Terkait dengan UU ASN dan tenaga honorer, Moeldoko berharap Kementerian PAN-RB terus berkomunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan, baik di lingkungan pemerintahan maupun organisasi/lembaga yang peduli terhadap keberhasilan reformasi birokrasi.

Hal ini penting untuk dilakukan, mengingat Presiden Jokowi sudah memberikan arahan yang jelas dalam berbagai rapat terbatas yang membahas agenda ini.

Untuk mempercepat prosesnya, diperlukan dukungan dari Komite Pengarah Reformasi Birokrasi yang akan dikoordinasikan melalui kantor Wakil Presiden.

Sementara itu, untuk mempercepat modernisasi pengadaan, KemenPAN-RB merekomendasikan adanya penyesuaian struktur organisasi menyesuaikan beban pengadaan dari tiap Kementerian/Lembaga.

Untuk penguatan SDM di pengadaan, diperlukan jabatan fungsional yang kompeten dengan jumlah yang memadai.

Halaman
12
Penulis: Hamdi Putra
Editor: Suprapto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help