Cara Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Mengantisipasi Masuknya WNA Pelaku Skimmer

Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Komisaris Besar Akhmad Yusep Gunawan mengatakan, turut mengantisipasi maraknya pelaku skimmer.

Cara Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Mengantisipasi Masuknya WNA Pelaku Skimmer
krdv.com
skimmer palsu di mesin ATM. 

WARTA KOTA, SEMANGGI---Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Komisaris Besar Akhmad Yusep Gunawan mengatakan, polisi akan turut mengantisipasi maraknya pelaku skimmer di Indonesia, khususnya Jakarta.

Caranya dengan memperketat pengawasan barang bawaan warga negara asing (WNA) yang masuk ke Jakarta.

Baca: Skimmer untuk Bobol ATM Adalah Modus Lama

"Kami tingkatkan pengawasan proses pemeriksaan baik orang barang di keberangkatan khusunya kedatangan dari luar. Karena dari beberapa peristiwa yang terjadi cukup perlu perhatian, khususnya barang-barang yang masuk," kata Yusep di Mapolda Metro Jaya, Rabu (21/3/2018).

Bea Cukai, kata Yusep, akan melakukan pemeriksaan intensif terhadap barang masuk. Khususnya pada jam-jam tertentu, terutana di kedatangan dari luar negeri.

"Artinya ketentuannya jelas bahwa barang yang boleh masuk dan barang yang dilarang. Masuknya barang diatur oleh ketentuan berlaku ada batasan yang boleh masuk," kata Yusep

Polisi tidak hanya melakukan pengawasan terhadap WNA Eropa Timur, namun WNA secara umum.

Baca: Modus Pembobolan ATM Dibagi Menjadi Tiga Kelompok, Dikendalikan WN Bulgaria

"Kami akan lebih selektif ke negara-negara tertentu. Artinya semua perkembangan isu global kami antisipasi. Semua instasi memainkan perannya semaksimal mungkin agar Indonesia terjaga," kata Yusep.

Selain itu, polisi juga akan mengecek WNA yang tiba dari manifestnya.

Sehingga satu per satu bisa dilakukan pemeriksaan dengan data base yang terhubung dengan pada asosiasi imigrasi internasional.

Baca: Pembobolan Rekening BRI Juga Terjadi di Jakarta

"Sehingga data base kuat terhadap orang-orang yang dicurigai sebagai pelaku terpidana yang mencolok perhatian. Dan DPO itu sudah terdata di imigrasi dan Bandara Soekarno-Hatta," kata Yusep.

Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved