Gedung Parlemen Terbakar

Kepulan Asap Membung Tinggi Tapi Setjen DPR Bantah Ada Kebakaran

Alat tersebut akan mengeluarkan aerosol yang menyerupai asap ketika ada letupan atau percikan listrik dan api sekecil apa pun.

Kepulan Asap Membung Tinggi Tapi Setjen DPR Bantah Ada Kebakaran
Tribun Solo
Gedung DPR terbakar. Titik kebakaran berada di Gedung Nusantara III lantai 4 Kompleks, Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/3/2018). Penyebabnya belum diketahui. Awalnya, kebakaran diketahui saat mobil pemadam kebaran tiba di halaman parkir di depan Gedung Nusantara III. Mobil pemadam kebakaran tiba sekitar pukul 19.18 WIB. 

WARTA KOTA, BOGOR - Deputi Administrasi Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR Mardian Umar mengungkapkan bahwa kepulan asap yang muncul dari lantai 4 Gedung Nusantara III DPR RI bukan disebabkan kebakaran.

Menurut Mardian, asap tersebut berasal dari alat yang dipasang dekat ruangan kerja Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

"Saya tegaskan tidak ada kebakaran, tapi asap berasal dari adanya sistem alat kebakaran baru yang sangat peka," ujar Mardian di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/3/2018) sebagaimana dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com. 

Mardian menjelaskan, kepulan asap berasal dari alat pemadam kebakaran yang baru saja dipasang itu berjenis Fire Pro.

Alat tersebut akan mengeluarkan aerosol yang menyerupai asap ketika ada letupan atau percikan listrik dan api sekecil apa pun.

"Kalau ada percikan listrik yang kecil saja bisa meletup," tuturnya.

"Ini bukti alat bekerja dengan baik ada letupan sedikit, meletus, sehingga menyebabkan asap di lantai 4 di ruangan Pak Fahri Hamzah," kata Mardian.

Mardian menuturkan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 19.20 WIB.

Ia pun memastikan tidak ada berkas yang terbakar dan korban jiwa atas peristiwa tersebut.

Secara terpisah, Deputi Persidangan Setjen DPR RI Damayanti menuturkan bahwa kepulan asap disebabkan malfungsi dari alat pemadam api ringan (APAR) yang berupa aerosol.

Halaman
12
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Tribun Solo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved