Home »

News

» Jakarta

Transjakarta Siap Tambah Bus Begitu Jalur Mobil Pribadi Dikurangi

Transjakarta siap tambah bus apabila jalur kendaraan pribadi dikurangi.Siap-siap tambah susah yang pada pakai mobil pribadi ke Jakarta.

Transjakarta Siap Tambah Bus Begitu Jalur Mobil Pribadi Dikurangi
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Kendaraan melintas di samping pohon-pohon yang telah ditebang di Jalan Sudirman, Jakarta, Sabtu (10/3/2018). Sebanyak 541 pohon di sepanjang jalan thamrin-sudirman ditebang imbas penataan trotoar yang akan dimulai oleh pemprov DKI Jakarta. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Dalam rencana penataan trotoar Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin, jalur kendaraan pribadi akan dikurangi.

Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengaku siap menambah bus yang melintasi jalan itu untuk mengantasipasi peralihan masyarakat dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

"Sebetulnya sih siap dan kami tahu koridor 1 itu kan panjangnya dari Kota sampai Blok M, itu suatu koridor yang paling ramai, per hari bisa sampai 78.000 penumpang," kata Budi ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Budi mengatakan saat ini bus yang tersedia sudah mencukupi kebutuhan. Setiap hari, ada lebih dari 100 bus dari 23 rute yang melintas Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin.

Baca: Rincian Gaji Hakim Wanita Tersangka Suap KPK Yang Wow Banget

Baca: 5 Hal Miris Dalam Kasus Suap Hakim Wanita di PN Tangerang #KPK

Baca: Ketika Agen FBI Amerika Sampai Datang ke Jakarta Karena Ulah Mahasiswa Surabaya

Penambahan bus maupun rute, kata Budi, akan berjalan seiring dengan penataan dan kebutuhan masyarakat. Hal ini juga diharapkan dapat mengurangi kemacetan.

"Kami bisa klaim hampir setiap menit itu lewat. Hampir setiap pagi ya, kira-kira sebanyak itu," ujar Budi.

Terkait kemacetan dan jarak waktu antarbus (headway) yang masih menjadi masalah di ruas Sudirman-Thamrin, Budi meyakini masalah itu akan selesai dengan sendirinya jika pembangunan selesai.

"Headway kan karena macet, pembangunan MRT belum selesai. Nanti kalau penataan pasti rapi," kata dia. Buswat koridor 1 saat ini tidak bisa sepenuhnya steril lantaran ada penyempitan jalan pembangunan mass rapid transit (MRT).

Dalam waktu dekat, pembangunan trotoar dengan lebar hingga 10 meter akan dimulai.(Nibras Nada Nailufar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Transjakarta Siap Tambah Bus Setelah Penataan Trotoar Sudirman-Thamrin".

Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help