Razia Saluran Air Hotel Sari Pan Pasific, Anies Sebut Ini Kesalahan Fatal

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama tim dari Pemprov DKI Jakarta melakukan razia terhadap gedung-gedung tinggi di Jakarta

Razia Saluran Air Hotel Sari Pan Pasific, Anies Sebut Ini Kesalahan Fatal
Warta Kota/Yosia Margaretta
Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan dan tim melakukan sidak pengelolaan limbah dan air tanah pada Hotel Sari Pan Pasific, Senin (12/3/2018). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Yosia Margaretta

WARTA KOTA, GAMBIR -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama tim dari Pemprov DKI Jakarta melakukan razia terhadap gedung-gedung tinggi di Jakarta mulai hari ini, Senin (12/3/2018).

Anies dan Tim Pengawasan Terpadu Penyediaan Sumur Resapan Instalasi Pengelolaan Air Limbah serta Pemanfaatan Air Tanah di bangunan gedung tinggi dan perumahan melakukan razia pertama ke Hotel Sari Pan Pasific.

Hotel yang terletak di Jalan MH Thamrin ini didatangi Anies dan Pemprov DKI pada pukul 10.20 dan langsung memasuki gedung hotel untuk bertemu dengan pengelola gedung.

Setelah dilakukan pengecekan pada sumur resapan, sumur dalam dan saluran air, Anies sempat berdecak prihatin dengan saluran air yang ada di hotel Sari Pan Pasific.

"Fatal ini, fatal kan ya," ujar Anies sambil melihat saluran air, Senin (12/3/2018).

Khadijah, salah satu tim pengawas mengungkapkan tidak berfungsinya grease trap dan menyebabkan limbah seperti minyak mengeras di saluran air.

"Grease trapnya juga tidak berfungsi dengan baik bahkan sampai luber. Jadi tidak di maintenance dengan baik IPAL-nya," tutur Khadijah.

"Banyak sampahnya di dalam. Yang seharusnya lemak itu harus diangkat. Tapi tadi kita lihat sudah seperti coral karena grease trapnya tidak berfungsi dengan benar," sambung Khadijah.

Anies menjelaskan bahwa grease trap berfungsi sebagai jebakan untuk lemak yang nantinya akan menghambat lemak untuk masuk ke saluran air.

"Grease trap itu fungsinya jebakan untuk lemak. Agar lemak dari dapur tidak terbawa ke saluran air, dijebak di situ. Tapi ternyata tadi luber, tidak diangkat teratur bahkan terbawa ke dalam saluran air dan tempat penampungan air sampai sudah mengeras," jelas Anies.

Hingga tanggal 21 Maret 2018 nanti tim yang sudah dibentuk Anies pekan lalu akan melakukan razia terhadap gedung-gedung di DKI Jakarta.

Razia akan dimulai dari gedung-gedung tinggi yang terletak di Jalan MH Thamrin terkait dengan pengelolaan air tanah dan limbah.

Setiap harinya tim akan melakukan razia terhadap sepuluh gedung yang dibagi menjadi lima tim dan satu tim akan merazia dua gedung. (m-14)

Penulis: Yosia Margaretta
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved