Ganjil Genap

Ada Aturan Ganjil Genap, Ratusan Kendaraan Golongan I Putar Balik di Tol Bekasi Barat dan Timur

Mengingat tanggal saat ini adalah 12 atau genap, maka kendaraan yang boleh melintas hanya angka genap.

Ada Aturan Ganjil Genap, Ratusan Kendaraan Golongan I Putar Balik di Tol Bekasi Barat dan Timur
WARTA KOTA/FITRIYANDI AL FAJRI
Jumlah kendaraan golongan I yang berputar balik di gerbang tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur selama pelaksanaan pelat ganjil-genap, mencapai 253 unit pada Senin (12/3/2018) pagi. 

WARTA KOTA, BEKASI - Jumlah kendaraan golongan I yang berputar balik di gerbang tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur selama pelaksanaan pelat ganjil-genap, mencapai 253 unit pada Senin (12/3/2018) pagi.

Rinciannya, 145 unit kendaraan di gerbang Bekasi Barat, dan 108 unit di Bekasi Timur. Deputy General Manager Traffic Manajemen Lalu Lintas PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Cece Kosasih mengatakan, angka itu berdasarkan pendataan petugas lapangan yang bersiaga di kedua gerbang tol tersebut.

Pelat kendaraan ganjil yang hendak masuk ke gerbang itu arah Jakarta, dihalau petugas dan berputar balik di pembatas jalan (barrier) yang dibuka.

Baca: Kerap Jadi Korban Bully, Young Lex: Dunia Semakin Jahat

Penentuan ganjil berdasarkan tanggal hari ini dengan ujung nomor di pelat kendaraan pengemudi. Mengingat tanggal saat ini adalah 12 atau genap, maka kendaraan yang boleh melintas hanya angka genap seperti 0, 2, 4, 6 dan 8.

Mereka lalu melintasi ruas jalan arteri ke Jalan Ahmad Yani, Ki Noer Ali, I Gusti Ngurah Rai, Chairil Anwar, Joyomartono, Sudirman, Ir H Djuanda, Mayor Hasibuan, dan Jalan Sultan Agung.

Sedangkan beberapa pengendara ada yang memilih memarkirkan kendaraannya di Gedung Mega Bekasi City Kecamatan Bekasi Selatan, dan Kawasan Light Rail Transit (LRT) City Kecamatan Bekasi Timur.

Jumlah kendaraan golongan I yang berputar balik di gerbang tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur selama pelaksanaan pelat ganjil-genap, mencapai 253 unit pada Senin (12/3/2018) pagi.
Jumlah kendaraan golongan I yang berputar balik di gerbang tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur selama pelaksanaan pelat ganjil-genap, mencapai 253 unit pada Senin (12/3/2018) pagi. (WARTA KOTA/FITRIYANDI AL FAJRI)

"Kendaraan yang akhirnya putar balik dari depan gerbang tol Bekasi Barat mayoritas kendaraan berpelat nomor selain B. Kebanyakan mereka mengaku tidak mengetahui kebijakan tersebut," jelas Cece di Mega Bekasi City.

Menurut Cece, apabila petugas menemukan langsung kendaraan berpelat nomor ganjil di tanggal genap, maka kendaraan tersebut akan langsung diperintahkan untuk putar balik. Kebijakan putar balik ini hanya berlaku sampai jumat (23/3/2018) mendatang.

Pada hari libur nasional atau akhir pekan, aturan ini ditiadakan. Bagi kendaraan yang nekat menerobos, akan ditilang oleh petugas kepolisian.

Baca: Young Lex: Bully Adalah Penyakit Baru di Sosmed

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kemudian mengeluarkan tiga paket kebijakan di ruas tol Japek melalui Permenhub Nomor 99 Tahun 2019, dan Permenhub Nomor 18 Tahun 2018.

Tiga paket kebijakan ini adalah aturan ganjil genap pelat kendaraan bagi golongan I di gerbang tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur arah Jakarta. Lalu, pembuatan jalur khusus angkutan bus di bahu jalan tol, dan pembatasan jam operasional kendaraan barang (dua arah) pada golongan III, IV dan V.

Ketiga paket kebijakan ini berlaku mulai hari ini setiap hari kerja, Senin-Jumat dari pukul 06.00-09.00. Sedangkan pada akhir pekan dan libur nasional ditiadakan. (*)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help