Jauh dari Pandangan, Taman Vertikal Ibu Kota Terabaikan

Berada di lokasi terbatas, seperti dinding tiang jalan layang hingga pojok Ibu Kota, keberadaan taman vertikal jauh dari pengamatan.

Jauh dari Pandangan, Taman Vertikal Ibu Kota Terabaikan
Warta Kota/Dwi Rizki
Peremajaan taman vertikal di sisi Jalan Menteng, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat mangkrak. Warga bahkan menyebut jejeran karpet yang senyatanya merupakan media tanam taman vertikal itu mirip jemuran karpet yang biasa terlihat pada jasa pencucian. 

WARTA KOTA, MENTENG - Berada di lokasi terbatas, seperti dinding tiang jalan layang hingga pojok Ibu Kota, keberadaan taman vertikal memang jauh dari pengamatan.

Keberadaannya pun semakin terabaikan, berbanding terbalik dengan taman terbuka hijau layaknya Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang kini tengah ramai diperbincangkan.

Buruknya perhatian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta seperti yang terlihat di kawasan Tugu Tani, Menteng Jakarta Pusat.

Jejeran tanaman hias di Jalan Menteng, seberang Tugu Pahlawan itu kini hanya berupa lembaran karpet berwarna kelabu, tanpa ada satu pun tanaman di dalamnya.

Gagalnya peremajaan taman tersebut tidak jauh berbeda dengan kondisi taman sebelumnya, taman berkonsep green city peninggalan Joko Widodo kala menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2013 itu tidak terawat.

Bukan hanya tanaman menguning dan layu, karpet yang senyatanya merupakan media hidup tanaman hias pun diketahui lapuk dan kusam.

Gambaran taman sebelum peremajaan dilakukan dapat dilihat pada tiang perlintasan Kereta Api (KA) yang memotong Jalan Kebon Sirih Raya, seberang Stasiun Gondangdia saat ini.

Tanaman hias dalam keadaan memprihatinkan, karpet pun dipenuhi lumut kering yang justru menambah kusam Ibukota.

"Cuma disiram doang, sekalian sama tamannya. Sayang ya, kalo dirapihin pasti bagus," ungkap Jaja (45) anggota Polri yang bertugas di sisi belakang Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia pada beberapa waktu lalu.

Bergeser dari pusat kota, tidak terurusnya taman vertikal juga terlihat di sepanjang Jalan Antasari Raya, kolong Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved