lni Alasan IKAL Bagi-bagi Sembako di TPA Sampah Cipayung

Ikatan Alumni Lemhanas punya alasan tersendiri mengapa menggelar pengobatan gratis dan bagi sembako di TPA Sampah Cipayung.

lni Alasan IKAL Bagi-bagi Sembako di TPA Sampah Cipayung
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Warga antusias antre sembako dan pengobatan gratis di HUT Ke 40 Ikatan Keluarga Alumi Lemhanas (IKAL) di TPA Cipayung Depok. Sabtu 10/3/18 

WARTA KOTA, DEPOK-Ikatan Keluarga Alumi Lemhanas (IKAL) RI menggelar bakti sosial (baksos) berupa pembagian 1000 paket sembako, pengobatan gratis, dan santunan kepada 200 anak yatim di tempat pemprosesan akhir (TPA) Sampah Cipayung, di Jalan Bulak Barat, Cipayung, Depok, Sabtu (10/3/2018).

Gelaran baksos ini dilakukan dalam rangka HUT ke 40 IKAL.

Ketua Panitia Baksos IKAL Mayjen TNI Achmad Yuliarto menuturkan ada alasan tertentu mengapa pihaknya memilih TPA Cipayung, Depok, sebagai tempat menggelar acara.

"Kenapa kami menggelar acara di TPA Cipayung, karena masalah sampah adalah masalah khusus dan di TPA Cipayung diketahui ada masalah dalam pengolahan dan lahannya," kata Achmad, di TPA Cipayung, Depok, Sabtu.

Ia menjelakan dalam IKAL ada satu orang yang kini menjadi stah ahli Menteri Lingkungan Hidup

"Dari sana diketahui masalah sampah ada dua tempat yakni TPA Bantar Gebang dan TPA Cipayung, Depok. Selama ini yang banyak diketahui dan sudah mulai tertangani adalah TPA Bantar Gebang. Sementara TPA Cipayung belum tersentuh. Karenanya kami pilih TPA Cipayung untuk gelaran baksos," kata Achmad.

Setelah menentukan lokasi gelaran baksos, kata Achmad, IKAL juga memancing semua pihak untuk melihat permasalahan di TPA Cipayung.

"Ternyata dari Wali Kota Depok dan dinas lingkungan hidup diketahui dan dipastikan ada masalah dalam pengolahan sampah dan lahannya," kata Achmad.

Selain itu kata dia juga diketahui bahwa warga sekitar TPA Cipayung terancam kesehatannya karena dampak sampah, sehingga Pemkot Depok kerap memberikan pengobatan gratis sepekan sekali.

"Ini membuat kami semakin merasa tepat gelaran baksos yang juga salah satunya pengobatan gratis digelar di TPA Cipayung. Semoga apa yang kami lakukan semakin memperkuat yang sudah dilakukan Pemkot Depok," kata dia.

Lebih jauh kata Achmad, IKAL berharap dengan apa yang dilakukan di TPA Cipayung, semua pihak terkait makin fokus menangani TPA Cipayung.

"Sehingga pengolahan, penanganan dan pemprosesan sampah di TPA Cipayung semakin baik lagi ke depannya," kata Achmad.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help