Banyaknya Industri Belum Tentu Bisa Menampung Pencari Kerja di Kota Tangerang

Sebagai Kota Seribu Industri Sejuta Jasa, Tangerang ternyata belum maksimal menyerap angka pengangguran di wilayah tersebut.

Banyaknya Industri Belum Tentu Bisa Menampung Pencari Kerja di Kota Tangerang
WARTA KOTA/ANDIKA PANDUWINATA
Pelatihan Kewirausahaan Belajar Usaha Jualan Generasi Muda Kota Tangerang (Bujug Dah). 

WARTA KOTA, TANGERANG - Sebagai Kota Seribu Industri Sejuta Jasa, Tangerang ternyata belum maksimal menyerap angka pengangguran di wilayah tersebut.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Tangerang M Yusuf. Ia mengutarakan hal ini dalam kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Belajar Usaha Jualan Generasi Muda Kota Tangerang (Bujug Dah).

Yusuf dalam acara tersebut berkesempatan menjadi keynote speaker. Ia menjelaskan kepada sebanyak 250 peserta pelatihan yang hadir, untuk dapat berpikir kreatif dalam menghadapi persaingan dalam dunia kerja yang semakin ketat.

Baca: Dua Polisi yang Minta Uang saat Menilang di Bandengan Utara Langsung Distafkan

"Kota Tangerang ini dikenal dengan sebutan seribu industri, tapi banyaknya industri yang ada belum tentu bisa menampung jumlah para pencari kerja yang ada di kota ini," ujar Yusuf saat dijumpai Warta Kota di GOR Cibodas, Tangerang, Jumat (9/3/2018).

Terlebih lagi, menurutnya, seluruh sektor usaha yang ada, baik lokal maupun internasional, lebih memilih melakukan efisiensi pegawai, ketimbang harus menerima pegawai dalam jumlah banyak, tapi belum tentu berkompeten.

"Sekarang ini perusahaan tidak bisa menerima pegawai secara sembarangan tanpa ada kompetensi dan skill yang mumpuni di bidang yang diperlukan oleh perusahaan," ucapnya.

Baca: Warga Keluhkan Minimnya Penerangan di Jalan Kalimalang

Ia menyebut pelatihan-pelatihan keterampilan kewirausahaan menjadi salah satu solusi dalam persoalan ini, untuk menyiapkan dan memberikan bekal kepada para generasi muda dalam memulai usahanya.

"Jangan semuanya maunya jadi pegawai, tapi tidak ada yang mau berwirausaha. Kuncinya kreatif, inovatif, dan mental. Itu semua harus ada pada seorang pemula," tutur Yusuf.

Yusuf mengklaim kegiatan pelatihan kewirausahaan ini juga menjadi bukti perhatian dari Pemkot Tangerang kepada para pemuda dan calon pengusaha muda, untuk dapat memulai langkah wirausahanya, sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru di Kota Tangerang.

 "Jiwa wirausaha perlu ditumbuhkembangkan, supaya generasi muda siap menghadapi persaingan global yang akan datang," ucapnya. (*)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help