Gugatan Tiga Parpol Ditolak Bawaslu, Ini Penjelasannya

Ketiga parpol gagal menjadi peserta Pemilu 2019, karena tidak lolos pada syarat kepengurusan di sejumlah kabupaten dan kota

Gugatan Tiga Parpol Ditolak Bawaslu, Ini Penjelasannya
Warta Kota/Henry Lopulalan
Ketua Bawaslu Abhan bertindak sebagai ketua majelis membacakan surat keputusan sidang dugaan pelanggaran administratif oleh KPU di Kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Tanah Abang, JakartaPusat, Rabu (15/11/2017). Sidang digelar atas sepuluh parpol melaporkan KPU terkait adanya dugaan pelanggaran administrasi dalam proses pendaftaran peserta Pemilu 2019. 

WARTA KOTA, TANAH ABANG -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menolak gugatan tiga partai politik terkait surat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang penetapan partai peserta Pemilu 2019.

Tiga partai politik yang menjadi pemohon dalam gugatan tersebut adalah Partai Bhinneka Indonesia (PBI), Partai Republik, serta Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI).

"Memutuskan menolak eksepsi pemohon untuk seluruhnya. Demikian diputuskan dalam rapat pleno dan dibacakan kepada para pihak secara terbuka," ujar Ketua Bawaslu RI Abhan dalam sidang ajudikasi penyelesaian sengketa proses pemilu yang digelar di Gedung Bawaslu, Jakarta, Kamis (8/3).

Gugatan ketiga partai tersebut ditolak karena tidak memenuhi syarat administrasi, sebagaimana telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, kata Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar.

"Untuk menjadi peserta pemilu, partai harus melewati proses tahapan pemeriksaan administrasi dan verifikasi faktual. Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan partai tidak memenuhi kelengkapan persyaratan administrasi yang ditetapkan, sehingga tidak dilakukan verifikasi faktual terhadap partai," jelas dia.

Fritz menambahkan ketiga partai tersebut juga gagal menjadi peserta Pemilu 2019, karena tidak lolos pada syarat kepengurusan di sejumlah kabupaten dan kota.

Sebelumnya, Partai Bhinneka Indonesia (PBI), Partai Republik, serta Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI) menggugat KPU yang telah mengeluarkan keputusan Nomor 58 Tahun 2017, yang menyatakan ketiga partai itu tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2019.

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help