Pilpres 2019

Alumni UI Tolak Calon Tunggal Capres, Sebut Sejumlah Nama Termasuk Puan Maharani

Golkar Akbar Tanjung dan alumni Universitas Indonesia (UI) menolak adanya calon tunggal pada Pilpres 2019.

Alumni UI Tolak Calon Tunggal Capres, Sebut Sejumlah Nama Termasuk Puan Maharani
Kompas TV
Puan Maharani 

WARTAKOTA, PALMERAH--  Mantan Ketua Umum Partai Golkar Akbar Tanjung dan alumni Universitas Indonesia (UI) menolak adanya calon tunggal pada Pilpres 2019.

Adanya sejumlah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden memberikan pilihan kepada rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi pada negara ini.

Demikian benang merah pertemuan antara Akbar Tanjung dan alumni UI yang tergabung dalam  Solidaritas Muslim Alumni UI (Solusi UI) Kamis (7/3/2018).

“Kita harus menyuarakan makna dan tujuan demokrasi. Dalam demokrasi harus ada kompetisi. Karena itu, dalam pemilihan Presiden di 2019 mendatang jangan sampai ada pemilihan calon tunggal,“ tegas  Akbar Tanjung seperti tertulis dalam siaran pers yang dikirim ke Wartakotalive.com.

Baca: Peringati HUT Pertama, Relawan Cikajang ASA Center Istiqamah Kawal Anies-Sandi

Baca: Praveen/Melati Rebut Tiket Perempat Final German Open

Pengurus Solusi UI  dipimpin  Sabrun Jamil, ketua umum, dan Eman Sulaeman, sekretaris jenderal, yang juga konsultan stratejik komunikasi. Pertemuan berlangsung  di Sekretariat Akbar Tanjung Institute, Pancoran, Jakarta Selatan.

Menurut  Sabrun Jamil, untuk mencegah terwujudnya skenario calon tunggal, Solusi UI akan berinisiatif mengadakan Konvensi Calon Presiden (Capres) 2019.

Dalam Konvensi Capres 2019 tersebut, Solusi UI akan mendorong dan mendukung para politisi dan negarawan alumni UI yang bertaqwa, teruji integritasnya dan jauh dari perbuatan-perbuatan tercela, untuk menjadi capres/cawapres.

Baca: Satpol PP Depok Hentikan Proyek Rumah Kos 400 Kamar #AparkostAvicenna

“Dalam Politik, kekuasaan cenderung disalah gunakan. Karena itu kekuasaan selain harus diawasi juga ada check and balance. Juga harus ada kompetisi,” papar Sabrun Jamil.

Eman menambahkan,  saat ini UI memiliki banyak alumni yang pantas dicalonkan menjadi Presiden atau Wakil Presiden.

Para alumni itu selain sudah lama berkiprah di dunia politik praktis baik duduk di pemerintahan pusat dan daerah, juga  menjadi anggota parlemen dan senator.

Beberapa alumni UI yang layak menjadi capres/cawapres, kata Eman, antara lain Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, pemilik CT Corps Chairul Tanjung, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Ketua DPP PKS Almuzamil Yusuf,  Wakil Ketua DPR  Fadli Zon, Wakil Ketua DPR  Fahri Hamzah, Menko PMK Puan Maharani, dan Kepala Staf Kepresidenan  Moeldoko. (pro)

Editor: Suprapto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help