Penang, Tujuan Awal Ekspansi Citilink ke Kawasan ASEAN

Penang, Malaysia akan menjadi tujuan awal ekspansi Maskapai Citilink Indonesia ke kawasan ASEAN di tahun 2018 ini.

Penang, Tujuan Awal Ekspansi Citilink ke Kawasan ASEAN
Tribunnews.com
MASKAPAI Citilink Indonesia 

WARTA KOTA, PALMERAH --- Maskapai penerbangan berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia kini melangkah lebih jauh ke regional guna melengkapi konektivitas penerbangannya dengan melayani negara-negara ASEAN melalui pembukaan rute penerbangan baru Jakarta – Penang, Malaysia, pada 25 Maret 2018, sebagai awal ekspansi ke kawasan.

"Penerbangan Jakarta – Penang akan semakin mengukuhan manfaat dan tujuan dari pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN sehingga mobilitas penduduk semakin dinamis dan pada akhrinya membuka peluang bisnis dan aliansi dengan Malaysia, juga sesama negara anggota ASEAN lainnya,” kata Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo di Jakarta, awal pekan ini.

Juliandra mengatakan, dengan pembukaan rute Jakata – Penang, kedekatan sebagai sesama negara serumpun, juga menjadi semakin maksimal melalui berbagai kerjasama di berbagai bidang, mulai dari peningkatan potensi dan pemanfaatan sektor pariwisata, bisnis, dan juga tujuan pengobatan medis.

"Dari hasil studi yang kami lakukan, Penang memiliki potensi yang terbuka luas tentang tingginya minat untuk berwisata baik wisata bahari, kuliner, maupun bersejarah seperti ke Bali dan Yogyakarta. Begitu juga dengan  tujuan untuk pengobatan medis," tutur Juliandra dalan siaran pers yang diterima Warta Kota.

Penang, lanjutnya, menjadi destinasi penerbangan internasional kedua setelah Dili, Timor Leste yang dibuka pada Mei 2017, serta merupakan salah satu langkah strategis Citilink Indonesia untuk “Go Regional” dalam melakukan ekspansi bisnisnya ke kawasan ASEAN, menyusul diraihnya penghargaan sebagai maskapai LCC Bintang Empat dari Skytrax.

Manajemen Citilink Indonesia menetapkan tahun 2018 sebagai tahun untuk melebarkan sayap ke kawasan ASEAN. Setelah Penang, sejumlah negara sudah masuk dalam daftar rute baru yang sudah harus dibuka sebelum pertengahan tahun di antaranya Singapura dan Bangkok.

Pembukaan rute-rute Internasional, juga sebagai upaya manajemen Citilink Indonesia mendukung pencapaian target pemerintah di bidang pariwisata, terutama dalam mencapai 20 juta wisatawan mancanegara hingga tahun 2019.

Penerbangan rute internasional Jakarta - Penang akan dilayani setiap hari dari Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng dan mendarat di Bandara Internasional Penang, Malaysia. Penerbangan dari Jakarta dilaksanakan pukul 09.55 WIB dan tiba di Penang pukul 13.25 waktu setempat. Sedangkan penerbangan dari Penang berangkat pukul 14.50 waktu setempat dan mendarat di Jakarta pukul 16.20 WIB.

Hingga saat ini Citilink Indonesia telah terbang ke 66 rute penerbangan dan 268 frekuensi penerbangan setiap harinya ke 33 kota di Indonesia dan regional dengan menggunakan 50 unit persawat Airbus A320.

Mengawali tahun 2018, Citilink Indonesia berhasil meraih predikat maskapai berbiaya hemat berbintang empat dari Skytrax yang mensejajarkan dengan maskapai dunia lainnya seperti Norwegian Air dan EasyJet dari Inggris.

Citilink Indonesia merupakan maskapai LCC pertama di Asia dan ke tiga di dunia yang berhasil meraih predikat bergengsi di dunia aviasi tersebut.

Selain itu, Citilink Indonesia juga ditetapkan sebagai perusahaan jasa transportasi udara terbaik dalam mengelola aspek keselamatan penerbangan di sepanjang tahun 2017, serta mendapatkan penghargaan Top IT Implementation on transportation sector 2017. 

Penulis: Fred Mahatma TIS
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved