Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan Target Vaksinasi 5.705 Hewan Penular Rabies

Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Jakarta Selatan menargetkan vaksinasi terhadap 5.705 hewan penular rabies.

Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan Target Vaksinasi 5.705 Hewan Penular Rabies
Warta Kota/Feryanto Hadi
Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan menargetkan vaksinasi terhadap 5.705 hewan penular rabies (HPR) pada 2018. 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU---Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan menargetkan vaksinasi terhadap 5.705 rabies'>hewan penular rabies (HPR) pada 2018. Vaksinasi rutin dilakukan untuk pencegahan penyakit rabies.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan, Wachyuni, mengatakan, pemberantasan penyakit rabies menjadi prioritas di Jakarta. Bahkan sejak Oktober 2004, Jakarta telah ditetapkan sebagai daerah bebas rabies.

Baca: Sejumlah 38 Hewan di Manggarai Selatan Divaksinasi Rabies

"Vaksinasi rabies ini dilakukan untuk bisa mempertahankan Jakarta sebagai daerah bebas rabies," kata Wahyuni, Selasa (6/3/2018).

Wahyuni optimistis jika target vaksinasi tahun ini bisa tercapai. Pasalnya hingga Februari 2018, vaksinasi sudah dilakukan terhadap 1.458 HPR atau sudah mencapai 25,56 persen dari target.

Selain itu, warga yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kera, dan musang juga sudah mulai rutin melakukan vaksinasi.

Baca: Hewan Telah Divaksin Anti Rabies Mencapai Ribuan Ekor

"Target vaksinasi rabies HPR tahun ini terdiri dari 2.430 anjing, 3.140 kucing, 40 kera, dan 95 musang. Apabila HPR diduga terkena rabies kami harapkan pemilik langsung melaporkannya kepada petugas," katanya.

Wachyuni mengatakan, pada 2017, vaksinasi ditargetkan terhadap 5.610 HPR. Namun, pencapaiannya ternyata melebihi target hingga 7.294 HPR atau 130,02 persen. Diharapkan pada tahun ini juga bisa melebihi target seperti tahun lalu.

"Untuk mengatur keberadaan HPR di Ibu Kota juga telah dikeluarkan peraturan daerah, yakni Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 1995 tentang pengawasan hewan rentan rabies, serta pencegahan dan penanggulangan rabies di daerah Khusus Ibu Kota Jakarta," katanya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved