VIDEO: Klaim Banyak Dukungan Jadi Cawapres, Cak Imin Tunggu Partai Koalisi Pemerintah

Di luar Jawa banyak dukungan dari pimpinan adat, di Jawa dukungan datang dari ulama, seniman, budayawan, relawan, dan nelayan.

VIDEO: Klaim Banyak Dukungan Jadi Cawapres, Cak Imin Tunggu Partai Koalisi Pemerintah
Kompas.com/Estu Suryowati
KETUA Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar di Graha Gus Dur, Jakarta, Senin (29/1/2018). 

WARTA KOTA, MAGELANG --- Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyatakan masih menunggu ajakan dari koalisi partai pendukung pemerintah untuk membahas bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2019.

Belakangan nama Muhaimin Iskandar, atau akrab dipanggil Cak Imin, digadang-gadang oleh PKB untuk maju pada kontestasi Pilpres 2019.

"Saya mengalir saja, menunggu dan terus bersama-sama koalisi pemerintah. Ada janjian akan membicarakan calon wakil presiden bagi pendukung pemerintah Jokowi," ucap Muhaimin di Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (4/3/2018).

Kendati demikian, Muhaimin mengklaim sudah banyak dukungan yang mengalir kepadanya agar maju sebagai cawapres. Dukungan itu berasal dari berbagai kalangan secara sukarela.

"Dukungan dari semua tokoh dan segmentasi masyarakat berbeda-beda. Di luar Jawa banyak pimpinan adat, di Jawa ada ulama, seniman, budayawan, relawan, nelayan. Sangat banyak relawan yang tumbuh secara mandiri tanpa saya minta," ujar dia.

Selain itu, Muhaimin juga menyatakan bahwa dukungan dari para kiai sudah kompak. Dia mengaku kerap diundang di berbagai forum, baik resmi maupun pertemuan pesantren.

"Kalau untuk kiai, insya Allah kompak. Saya sudah diundang di berbagai forum, baik itu resmi NU maupun forum pesantren maupun pertemuan-pertemuan kiai yang memandatkan (saya) maju sebagai wakil presiden," kata Muhaimin.

Hanya saja, Muhaimin mengaku belum berpikir untuk menjalin koalisi dengan partai politik tertentu untuk memuluskan pencalonan ini. Meskipun, menurut dia, ajakan atau komunikasi sudah banyak yang datang dari partai lain.

"Memang teman-teman dari partai lain terus ajak komunikasi, tapi saya sampaikan supaya saling mendoakan dulu. Kami akan bersama-sama menuntaskan pemerintahan saat ini," kata Muhaimin. (Kontributor Magelang, Ika Fitriana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soal Maju Cawapres, Muhaimin Tunggu Ajakan Partai Koalisi Pemerintah"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help