Program DP 0 Anies-Sandi Terbentur Aturan Bank Indonesia

Program DP nol rupiah Anies-Sandi ternyata terbentur ketentuan Bank Indonesia bahwa pembiayaan awal minimal 1 persen.

Program DP 0 Anies-Sandi Terbentur Aturan Bank Indonesia
WARTA KOTA/DWI RIZKI
Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta berdiskusi dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta terkait laporan warga tentang adanya alih fungsi bangunan rumah susun menjadi rumah kost di Gedung DPRD DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat pada Senin (5/3/2018). 

WARTA KOTA, GAMBIR -- Program DP nol rupiah Anies-Sandi ternyata terbentur ketentuan Bank Indonesia bahwa pembiayaan awal minimal 1 persen.

Pemprov DKI pun menyiapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk membayar seluruh unit Rumah DP nol rupiah.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan menyampaikan hal itu di rapat dengan komisi D DPRD DKI, Senin (5/3/2018).

Hanya saja, kata Agustino, dana talangan tersebut tidak bersifat percuma.

Warga yang membeli unit, ucap Agustino, harus membayar lunas uang muka lewat skema cicilan harga pokok rumah dan bunga sebesar 5 persen per tahun dengan masa cicilan 20 tahun.

"Ya ditalangi (DP 1 persen) bayar DP dan angsuran (awal). Uang muka dibalikin, cicilan pokok dibalikin juga (lewat skema cicilan)," ungkapnya usai berdialog dengan Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta di Gedung DPRD DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat pada Senin (5/3/2018).

SABTU (20/1/2018) lalu warga berbondong-bondong mengunjungi show unit rumah DP Rp 0 Klapa Village yang pada tahap pertama dibangun di kawasan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur.
SABTU (20/1/2018) lalu warga berbondong-bondong mengunjungi show unit rumah DP Rp 0 Klapa Village yang pada tahap pertama dibangun di kawasan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. (Kompas.com/Sherly Puspita)

Walau dipastikannya dana talangan tersebut berasal dari APBD, dia belum tahu besaran APBD yang dianggarkan.

Sebab Pemprov DKI kini masih merancang pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

BLUD nantinya bakal jadi pengelola Rumah DP nol rupiah dan baru akan terbentuk pada bulan April 2018 mendatang.

"Belum tahu (alokasi anggaran APBD rumah DP 0 Rupiah)," ungkap Agustino.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help