Gareng, Striker Legendaris Pencipta Gol Terbanyak di Timnas Indonesia

Soetjipto Soentoro alias Gareng adalah striker legendaris Indonesia yang mencatat rekor gol terbanyak sepanjang sejarah.

Gareng, Striker Legendaris Pencipta Gol Terbanyak di Timnas Indonesia
istimewa
Gareng, si pemegang rekor gol terbanyak sepanjang sejarah Timnas Indonesia. 

WARTA KOTA, PALMERAH-Namanya mungkin tidak se-gemilang striker "Si Kurus" Kurniawan Dwi Yulianto atau Bambang "Bepe" Pamungkas yang begitu terkenal di masa modern.

Namun striker legendaris Indonesia bernama Soetjipto Soentoro-lah yang memiliki jumlah gol terbanyak dibandingkan dua nama awal.

Berposisi sebagai striker lubang atau penyerang bayangan dan memiliki tubuh gempal tidak membuat jumlah gol Soetjipto kalah dari pada striker, justru ia memiliki jumlah gol terbanyak di Timnas Indonesia dengan 57 gol dari 68 laga yang dilakoni (termasuk laga tidak resmi FIFA)

Soetjipto Soentoro lahir di Bandung, Jawa Barat 16 Juni 1941 dan meninggal pada 12 November 1994 di Jakarta.

Ia dikenal sebagai one man club, yaitu bersama Persija Jakarta. Walaupun setahun setelahnya bergabung bersama PSMS Medan sebelum pensiun dini di umur 29 tahun setelah gagal meraih target empat besar di Asian Games 1970.

"Gareng" sapaan akrab dari Soetjipto besar di klub Persija Jakarta.

Gareng bermain untuk skuat Macan Kemayoran antara 1964 hingga 1970. Namun, Soetjipto sejak 1957 sudah jadi bagian tim junior Persija saat berusia 16 tahun.

Prestasi Gareng lainnya yaitu jumlah sumbangan gol terbanyak untuk Timnas Indonesia saat skuat Garuda berpartisipasi di Merdeka Games 1969, kompetisi yang memperingati hari kemerdekaan Malaysia.

Pemain bernomor punggung 10 di Persija itu mencetak delapan gol pada kemenangan Indonesia dengan skor 9-1 atas Singapura pada 7 November 1969.

Atas raihan jumlah gol bersama Timnas Indonesia ini membuat Soetjipto masuk jajaran pemain top dunia yang mencetak lebih dari 50 gol bersama timnas negaranya versi portal olahraga berbasis di Amerika Serikat, Bleacher Report pada tahun lalu.

Berikut 5 pemain yang memiliki jumlah gol tertinggi di Timnas Indonesia:

1. Soetjipto Soentoro: 57 gol 68 laga
2. Bambang Pamungkas: 36 gol 77 laga
3. Kurniawan Dwi Yulianto: 31 gol 60 laga
4. Rochy Putiray: 17 gol 41 laga
5. Budi Sudarsono: 16 gol 46 laga

(Gisesya Ranggawari)

Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help