Program Bedah Rumah Bazis Jakarta Utara Menyasar 31 Unit

Sebanyak 31 unit rumah yang kurang layak di wilayah Jakarta Utara akan diperbaiki oleh program bedah rumah.

Program Bedah Rumah Bazis Jakarta Utara Menyasar 31 Unit
Warta Kota/Feryanto Hadi
Ilustrasi. Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Tri Kurniadi saat meresmikan rumah hasil Program Bedah Rumah Badan Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (BAZIS) Jakarta Selatan, di RT 014/ RW 03, Kelurahan Pasar Minggu, Kecamatan Pasar Minggu, Rabu (24/1). 

WARTA KOTA, TANJUNG PRIOK -- Badan Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (Bazis) Jakarta Utara menggelar program Bedah rumah 2018.

Sebanyak 31 unit rumah yang kurang layak di wilayah Jakarta Utara akan diperbaiki.

Kepala Bazis Jakarta Utara Hari Agusti mengatakan untuk tahun 2018 ada sebanyak 31 unit rumah yang akan diperbaiki. Jumlah tersebut tersebar di enam kecamatan yang ada di Jakarta Utara.

“Pada intinya setiap satu kelurahan satu unit. Tapi, ada beberapa kelurahan yang tidak mengajukan karena masalah status tanah,” ungkap Hari, Sabtu (3/3/2018).

Hari menceritakan rumah yang dibedah oleh Bazis Jakarta Utara harus memenuhi sejumlah kriteria. Salah satu syarat utama rumah yang akan dibedah harus merupakan usulan dari lurah setempat.

“Selain itu juga memperhatikan masalah kepemilikan, pemilik rumah juga warga tidak mampu, dan yang bersangkutan juga aktif di masyarakat,” sambung Hari.

Nantinya rumah yang akan dibedah maksimal berukuran 30 meter persegi. Sementara untuk anggaran yang diberikan Bazis Jakarta Utara setiap rumahnya maksimal Rp 60 juta.

“Jadi misal luas rumahnya 50 meter persegi, yang kita bedah hanya 30 meter persegi. Total anggaran bedah rumah untuk 31 unit jadi sebesar Rp 18,6 miliar,” ujarnya.

Sebagai tahap awal, saat ini ada sembilan unit rumah yang sudah mulai menjalani proses renovasi. Sembilan unit tersebut tersebar di Kecamatan Penjaringan, Tanjung Priok dan Pademangan.

“Sembilan unit ini sudah berjalan sejak peletakan batu pertama pada 28 Februari kemarin. Sisanya setelah selesai yang sembilan unit, kira-kira dua minggu selesai lah. Targetnya bulan April pertengahan atau akhir sudah selesai semua (31 unit),” katanya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved