VIDEO: Petugas Pemadam Kebakaran DKI unjuk Kebolehan Beratraksi

Mereka menunjukkan sikap tangkas cepat kuat di dalam penyelamatan, saya berharap ketika kejadian mampu bertindak dengan cepat dan tangkas.

WARTA KOTA, JAKARTA- Puluhan anggota Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta menampilkan berbagai atraksi kehebatan mereka pada perayaan hari ulang tahun ke-99 pemadam kebakaran di Kantor DPKP, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (1/3/2018). Atraksi diawali dengan senam berirama dari anggota yang wajahnya dicat hitam-hijau.

Mereka menunjukkan kepandaian mengendalikan nozzle atau moncong selang serta perahu karet untuk penyelamatan di perairan. Ada pula aksi melalui rintangan dengan memanjat, melompat, hingga merangkak. Masyarakat sekitar serta tamu undangan yang datang pun antusias melihat pertunjukan itu. Yang paling bikin heboh, simulasi ketika sebuah mobil meledak dan dipadamkan. Para petugas menunjukkan alat dan kendaraan mereka dalam menuju tempat kejadian.

Puncak atraksi yakni saat petugas turun menggunakan tali dari lantai tiga gedung damkar. Mereka memberi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang hadir saat acara itu, cenderamata berupa jaket berwarna kuning serta kapak yang biasa digunakan pemadam kebakaran. Cenderamata itu sampai dilihat dari ujung ke ujung dan difoto oleh Anies. "Mereka menunjukkan sikap tangkas cepat kuat di dalam penyelamatan, saya berharap ketika kejadian mampu bertindak dengan cepat dan tangkas. Tak hanya dibutuhkan aspek manusia, tapi juga peralatannya," kata Anies usai acara.

Anies bersyukur Jakarta punya peralatan penanggulangan bencana paling lengkap di seluruh Indonesia. Ia ingin fasilitas ini dilengkapi khususnya untuk gedung tinggi dan permukiman sempit yang sulit dijangkau.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Melihat Kehebatan Damkar DKI Jakarta di HUT ke-99",

Penulis : Nibras Nada Nailufar

Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help