Perusahaan Rintisan Naik Daun, BEI Menargetkan 35 Start Up IPO Tahun Ini

Bertambahnya jumlah perusahaan rintisan atau startup, Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mendorong perusahaan itu masuk ke bursa atau go public.

Perusahaan Rintisan Naik Daun, BEI Menargetkan 35 Start Up IPO Tahun Ini
KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Ilustrasi IHSG di Bursa Efek Indonesia. 

WARTA KOTA, PALMERAH---Bertambahnya jumlah perusahaan rintisan atau startup, Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mendorong perusahaan itu masuk ke bursa atau go public.

Direktur Utama BEI, Tito Sulistio, mengatakan, perusahaan rintisan yang akan go public boleh mencatat kerugian, asal persyaratan administratif legal harus rapi.

Selain itu, perusahaan juga harus menjabarkan rencana lima tahun ke depan. Dari rencana tersebut, dalam jangka waktu dua tahun harus sudah membukukan profit.

Saat ini BEI sedang memproses perubahan regulasi yang mana peraturan lama yang dibuat tahun 2014 belum memikirkan era start up.

Baca: Mendukung Start Up, Bursa Efek Indonesia Akan Mengubah Regulasi Ini

Ada tiga alternatif syarat bagi perusahaan rintisan yang akan melakukan initial public offering (IPO), yakni net tangible aset (NTA), kapitalisasi pasar, dan revenue atau pendapatan.

Selain tiga alternatif tersebut, BEI juga mengadvokasi agar program maupun aset intelektual yang dimiliki start-up bisa dikapitalisasi.

Untuk hal ini, menurut Tito, dibutuhkan lembaga khusus. Pihaknya sedang berbicara dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Meski demikian, Tito belum bisa memprediksi jumlah perusahaan start-up yang akan tercatat di BEI pada tahun ini. Namun, secara total BEI menargetkan 35 IPO pada tahun ini.

Adapun dari unicorn start-up yang ada di Indonesia, tiga diantaranya telah melakukan pembicaraan terakit IPO dengan BEI. Mereka kini tengah melakukan pembenahan di internal.

"Ada beberapa dari mereka yang bilang bahwa akan untung di tiga, empat, atau lima tahun lagi. Silahkan bicara ke kita, " ujar Tito.

Kontan.co.id/Nisa Dwiresya Putri
Berita ini sebelumnya sudah diunggah di Kontan.co.id dengan judul BEI Godok Tiga Alternatif Persyaratan IPO Start-up

Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved