Kali Krukut Dikeruk, Dua Bangunan di Bibir Kali Malah Longsor

Ketika alat berat mengeruk agak dalam, kontur tanah tiba-tiba miring yang kemudian dua bangunan terperosok.

Kali Krukut Dikeruk, Dua Bangunan di Bibir Kali Malah Longsor
Petugas dari Bidang Aliran Tengah Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, tengah melakukan pengerjaan pengerukkan sedimen lumpur Kali Krukut. 

Laporan Wartawan Warta Kota, Panji Baskhara Ramadhan

WARTA KOTA, TAMANSARI - Bangunan Pos RW 02 Kelurahan Glodok serta garasi kendaraan yang berdiri di bibir Kali Krukut atau si Jalan Keadilan, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat, rubuh akibat longsor, Kamis (1/3/2018).

Longsornya tanah, lantaran adanya pengerjaan pengerukkan sedimen lumpur Kali Krukut, oleh Bidang Aliran Tengah Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta.

"Memang benar, ada dua bangunan kosong ya yang berdiri di bibir Kali Krukut terkena longsor akibat ada pengerukkan sedimen lumpur. Saat ini, baik pengerukkan, dan sheetpile yang saat ini miring karena longsor, didalam penanganan pihak Dinas SDA DKI," jelas Kepala Suku Dinas (Kasudin) SDA Jakarta Barat, Imron Syahrin.

Dikatakan Imron, terperosoknya dua bangunan yang ada di bibir Kali Krukut, berawal saat alat berat melakukan kegiatan rutin, pengangkutan sedimen lumpur.

Ketika alat berat mengeruk agak dalam, kontur tanah tiba-tiba miring yang kemudian dua bangunan terperosok ke pinggir beton sheetpile.

"Jadi mungkin petugas karena saking asiknya mengeruk lumpur yang kedalamannya sekitar tiga meter, kontur tanah tempat dua bangunan itu berdiri langsung miring, dan lama kelamaan dua bangunan itu akhirnya rubuh. Kondisi soal kedua bangunan itu kosong. Hanya, semacam pos keamanan warga dan garasi. Lagipula, yah salah juga warga bangun dua bangunan dibibir Kali Krukut. Kan enggak boleh," katanya Imron. (BAS)

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved