Hari Ini Terakhir, Tidak Registrasi Nomor Bakal Diblokir Mulai 1 Maret 2018: Tidak Bisa Telepon-SMS

Bagi yang tidak registrasi, mulai 1 Maret 2018 akan diberlakukan pemblokiran telepon keluar dan SMS keluar, sampai 30 Maret 2018.

Hari Ini Terakhir, Tidak Registrasi Nomor Bakal Diblokir Mulai 1 Maret 2018: Tidak Bisa Telepon-SMS
Istimewa
Registrasi kartu prabayar 

WARTA KOTA, GAMBIR---Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberlakukan kebijakan yang mewajibkan masyarakat untuk melakukan registrasi kartu telepon prabayarnya sejak akhir tahun 2017.

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kemenkominfo, Noor Iza mengatakan hingga hari ini, jumlah kartu prabayar yang diregistrasikan oleh masyarakat mencapai angka kurang dari 300 juta.

"Data terakhir tadi pagi (Selasa) sudah mencapai 296 juta kartu," kata Noor saat dikonfirmasi Warta Kota, Selasa (27/2).

Noor mengatakan, bagi yang tidak registrasi, mulai 1 Maret 2018 akan diberlakukan pemblokiran telepon keluar dan SMS keluar, sampai 30 Maret 2018.

Pihaknya tidak menargetkan jumkah kartu yang harus diregistrasi oleh masyarakat. Hal itu lantaran, kemungkinan ada banyak masyarakat yang tak ingin lagi menggunakan banyak kartu prabayar setelah kebijakan diberlakukan.

Baca: Yakin Sudah Registrasi? Cek Sekali Lagi, Jangan Sampai Nomor Ponsel Diblokir

"Targetnya memang tidak bisa dihitung, karena ada beberapa nomor yang oleh pelanggannya tidak lagi didaftarkan karena tidak akan digunakan lagi. Makanya registrasi ini akan memastikan berapa jumlah kartu prabayar yang beredar di masyarakat," katanya.

Bagi yang melakukan registrasi prabayar ke nomor 4444, ini format tiap masing-masing operator. Perlu jadi catatan, registrasi lewat SMS ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Pelanggan juga dapat melakukan registrasi dengan mendatangi gerai masing-masing operator seluler. Persyaratannya sama, menyertakan informasi NIK dan KK, serta tidak perlu mengungkapkan nama ibu kandung yang dinilai riskan untuk dibeberkan.

Selain itu, bisa melalui website dan call center operator. Pemerintah beserta operator menyediakan alternatif lain dalam registrasi prabayar, yakni melalui website, call center, dan gerai operator masing-masing.

Pelanggan Baru
Telkomsel: SMS Reg(spasi)NIK#Nomor KK#
XL Axiata: Daftar#NIK#Nomor KK
Indosat Ooredoo: NIK#Nomor KK#
Smartfren: NIK#Nomor KK#
Hutchison 3 Indonesia (Tri): NIK#Nomor KK#

Pelanggan Lama
Telkomsel: Ulang(spasi)NIK#Nomor KK#
XL Axiata: Ulang#NIK#Nomor KK
Indosat Ooredoo: Ulang#NIK Nomor KK#
Smartfren: Ulang#NIK#Nomor KK#
Hutchison 3 Indonesia (Tri): Ulang#NIK#Nomor KK#

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved