Laskar Anggrek: Peduli Ekonomi Warga Tangsel

Turut membantu memberikan pelayanan kesehatan masyarakat dan mengembangkan ekonomi kerakyatan bagi warga Tangerang Selatan (Tangsel).

Laskar Anggrek: Peduli Ekonomi Warga Tangsel
Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Turut membantu memberikan pelayanan kesehatan masyarakat dan mengembangkan ekonomi kerakyatan bagi warga Tangerang Selatan (Tangsel). 

WARTA KOTA, TANGERANG SELATAN---Turut membantu memberikan pelayanan kesehatan masyarakat dan mengembangkan ekonomi kerakyatan bagi warga Tangerang Selatan (Tangsel).

Dua hal tersebut menjadi fokus program kerja bagi warga Tangsel yang tergabung dalam wadah komunitas Laskar Anggrek (LA).

Langkah LA membantu mengembangkan ekonomi kerakyatan bagi warga Tangsel, menurut Al Mansyur, Wakil Ketua Umum LA, saat ini mereka tengah mengelola lahan tidur milik pemerintah.

Lahan tidur itu ada di kawasan Tujuh Muara, Pamulang, Tangsel. Pemanfaatan lahan tidur itu untuk meningkat perekonomian warga sekitar.

"Ada sekitar 37 hektare lahan tidur selama ini tidak termanfaatkan secara maksimal. Nah, kita coba gagas membuka lokasi untuk ruang usaha seperti, warung dan kafe. Alhamdulillah mendapat sambutan positif dari masyarakat," kata Al Mansyur, disela-sela kegiatan kopi darat (kopdar) anggota LA di kawasan Situ Tujuh Muara, Pamulang, Tangsel, Minggu (18/2/2018).

Baca: Laskar Anggrek (LA) Peduli Layanan Kesehatan Warga Tangsel

Langkah memanfaatkan lahan tidur itu, kata Al Mansyur, digarap secara swadaya, tanpa meminta dana dari pemerintah kota.

"Walaupun digarap secara swadaya harapan kami Pemda turut mendorong juga, seperti dari Dinas UMKM dan Koperasi. Misalnya, menjadikan etalase produk-produk wirausaha masyarakat Tangsel," katanya.

Apa yang diterangkan Al Mansur diamini Wahyu Wibisana, Ketua Umum LA.

"Jadi kami ingin wujudkan satu kampung ekonomi, sebagai contoh barometer di Tangsel, bahwa kegiatan para ibu-ibu di waktu senggangnya bisa menghasilkan nilai ekonomi untuk menunjang perekonomian rumah tangganya," kata Wahyu.

Sedangkan untuk internal anggota, sejak setahun lalu LA membentuk koperasi dengan nama 'Koperasi Laskar Anggrek Sejahtera'.

Al Mansyur mengatakan, untuk saat ini koperasi yang mereka bentuk baru sebatas membantu untuk tata kelola pemasaran produk usaha milik anggota LA.

Saat ini produk usaha milik anggota LA, seperti, produk salon toilet, pengadaan ayam potong, restoran, kerajinan tangan, makanan/camilan kemasan, jus durian, jamu wedang jahe, dan bir pletok.

"Jadi saling bersinergi seperti anggota yang punya restoran bisa menitip produk anggota yang lain. Jadi ada beberapa spot-spot produklah," katanya.

"Tapi kedepannya Koperasi usaha ini diharapkan bisa membantu mengembangkan ekonomi kerakyatan. Kami juga berencana di koperasi ada semacam showroom produk usaha dari warga Tangsel," kata Al Mansyur. (ign).

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved