DP Nol Rupiah

Warga Mulai Hunting Lokasi Rumah Tapak DP Rp 0 di Rorotan

Sejak dua pekan lalu warga banyak yang mendatangi lokasi rumah tapak DP Rp 0 di Rorotan, menanyakan harga dan bagaimana cara mendapatkannya.

Warga Mulai Hunting Lokasi Rumah Tapak DP Rp 0 di Rorotan
Dok. Pribadi/Humas Pemkot Jakarta Utara
LOKASI rumah tapak DP Rp 0 yang akan dibangun di Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. 

WARTA KOTA, CILINCING --- Rumah tapak DP Rp 0 yang akan dibangun di Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara mulai diincar warga yang bermimpi memiliki rumah milik pribadi di Ibu Kota. Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah memulai pembangunan hunian DP Rp 0 Pondok Klapa Village di Jakarta Timur. 

Seorang petugas keamanan yang menjaga proyek pembangunan rumah tersebut dan enggan disebutkan namanya mengatakan, sejak dua pekan lalu warga beramai-ramai mendatangi lokasi rumah tersebut. Warga, kata petugas itu, menanyakan harga serta cara mendapatkan rumah tersebut.

"Wah ramai banget kemarin yang datang. Mereka tanyakan ini rumah harganya berapa, mereka juga pingin punya rumah sendiri kan di Jakarta. Tahu sendiri kalau di Jakarta mahal-mahal," ujar petugas tersebut kepada Kompas.com, Sabtu (24/2/2018).

Baca: Pengembang Hunian DP Nol Rupiah Laporkan LSM ke Polisi

Saat Kompas.com sedang berada di lokasi rumah tersebut, tampak sebuah keluarga datang untuk melihat-lihat lokasi rumah. Datang menggunakan sebuah sepeda motor, Agus, warga Kelurahan Rorotan mengatakan mengetahui lokasi rumah tapak DP Rp 0 dari temannya.

Agus tertarik membeli rumah tersebut karena saat ini dia bersama istri dan anaknya masih menyewa rumah. Belum lagi lokasi rumah tapak tersebut berjarak sangat dekat dengan tempat dia bekerja. Namun, Agus mengatakan tidak mendapatkan penjelasan apapun saat menanyakan informasi skema pembelian dan harga rumah kepada petugas keamanan setempat.

"Persyaratanya belum tahu, harganya juga. Tadi sudah ditanyakan. Mungkin beberapa hari lagi datang lagi," ujar Agus.

Menurut Agus, program rumah tapak DP Rp 0 sangat membantu khususnya warga menengah ke bawah seperti dia. Namun, Agus berharap agar harga rumah tersebut tidak terlalu mahal.

"Kalau bisa yang terjangkau lah, terus bisa nyicil juga," ujar Agus.

Pembangunan rumah tapak DP Rp 0 di Kelurahan Rorotan, Jakarta Utara akan dimulai pada April atau Mei. Rencananya peletakan batu pertama akan dilakukan pada 28 Februari oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Lahan seluas 1,3 hektar itu milik PT Nusa Kirana yang juga merupakan pengembang pembangunan rumah tersebut.

Dalam perencanaannya rumah tapak tersebut akan dibangun 5x9 meter. Di dalamnya terdiri dari dua kamar tidur, satu ruang tamu, dan satu kamar mandi. Tersisa juga 1x5 meter lahan untuk dibangun dapur. (Kontributor Jakarta, David Oliver Purba)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belum Diresmikan, Warga Telah Ramai Melihat Lokasi Rumah Tapak DP 0 Rupiah di Cilincing"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved