Vaksinasi Rabies Gencar Dilaksanakan di Tiga Kecamatan di Jaksel

Mengintensifkan pelaksanaan vaksinasi rabies di tiga kecamatan yang berbatasan langsung dengan Jawa Barat dan Banten.

Vaksinasi Rabies Gencar Dilaksanakan di Tiga Kecamatan di Jaksel
Warta Kota/Feryanto Hadi
Perhatian terhadap tiga kecamatan itu karena provinsi yang berbatasan belum bebas dari rabies. Sehingga, perpindahan Hewan Penular Rabies (HPR) di kawasan itu perlu diwaspadai. 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU -- Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Selatan akan mengintensifkan pelaksanaan vaksinasi rabies di tiga kecamatan yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat dan Banten.

Ketiga kecamatan itu adalah Jagakarsa, Cilandak dan Pesanggrahan.

"Meskipun Jakarta sejak 6 Oktober 2004 dinyatakan bebas rabies, namun kami selalu antisipasi untuk mempertahankan predikat itu dengan rutin melakukan vaksinasi di 10 kecamatan. Namun, tiga kecamatan menjadi perhatian lebih kami," kata Kepala Sudin KPKP Jakarta Selatan, Wahyuni, Senin (26/2/2018).

Perhatian terhadap tiga kecamatan itu dikarenakan provinsi yang berbatasan belum bebas dari rabies.

Sehingga, perpindahan Hewan Penular Rabies (HPR) di kawasan itu perlu diwaspadai.

"Dengan kondisi demikian, dimungkinkan akan terjadi keluar masuk anjing, kucing dan kera dari Provinsi Banten dan Jawa Barat ke wilayah Jakarta Selatan. Sehingga perlu diwaspadai pengawasan lalulintas HPR di lokasi perbatasan yang belum bebas penyakit rabies itu," imbuhnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit itu, Wahyuni bilang pihaknya juga telah melakukan penangkaran dan sterilisasi terhadap 191 ekor hewan, yang terdiri dari 33 ekor anjing dan158 kucing.

Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk tidak segan-segan memeriksakan hewan peliharaannya untuk memastikan hewan tersebut bebas rabies.

"Sterilisasi massal akan kami lakukan pada 28 Februari nanti di RW005, Kelurahan Cilandak Barat," ungkapnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help