2.430 Anjing di Jaksel Divaksin Rabies, Kucing Lebih Banyak Lagi

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Selatan akan melakukan vaksinasi rabies untuk mencegah penyebaran virus mematikan ini.

2.430 Anjing di Jaksel Divaksin Rabies, Kucing Lebih Banyak Lagi
WARTA KOTA/FERYANTO HADI
Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Selatan akan melakukan vaksinasi rabies untuk mencegah penyebaran virus mematikan ini. 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU -- Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Selatan akan melakukan vaksinasi rabies untuk mencegah penyebaran virus mematikan ini.

Target divaksinasi hewan di Jaksel sebanyak 5.705 ekor, terdiri dari anjing 2.430 ekor, kucing 3.140 ekor, kera 40 ekor dan musang sebanyak 95 ekor.

Kepala Sudin KPKP Jakarta Selatan, Wahyuni mengatakan, meski Keputusan Menteri Pertanian Nomor 566/Kpts/PD. 640/10/2004 Tahun 2004 menyatakan bahwa DKI Jakarta sejak 6 Oktober 2004 merupakan daerah dengan kasus nol rabies, namun potensi penyebaran virus ini selalu patut diwaspadai.

Baca: Elvy Sukaesih Kesal Dicegat Awak Media

"Artinya bahwa di DKI Jakarta sampai saat ini tidak ada kasus penyakit rabies baik pada manusia maupun pada hewan. Oleh karena itu perlu dipertahankan," kata Wachyuni, Senin (26/2).

Rabies adalah salah satu Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS) yang dijadikan prioritas bagi Pemerintah DKI Jakarta untuk mambrantasnya.

Penyakit Rabies termasuk penyakit zoonosis yaitu penyakit yang menular dari hewan ke manusua atau sebaliknya dari manusia ke hewan. Penyakit ini menyerang otak manusia dan dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Baca: BERITA FOTO : Mamah Muda Sampai Emak-Emak Hits di Sidang PK Ahok

Penyakit Rabies dapat ditularkan oleh anjing, kucing dan kera. Oleh karena itu ketiga hewan ini disebut dengan istilah Hewan Penular Rabies (HPR).

"Ditularkan melalui air liur dari penggigitan anjing, kucing maupun kera yang terjangkit penyakit Rabies," kata Wahyuni.

"Sejauh ini kami telah melakukan program vaksinasi di 10 kecamatan. Hingga 25 Februari 2018, realisasi yang sudah tercapat 25,56 persen terdiri dari anjing 372 ekor, kucing 1068 ekor, kera 11 ekor dan musang 7 ekor," imbuhnya.(FERYANTO HADI)

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved