Tenggat Waktu Registrasi Sudah Dekat, YLKI Memberikan Dua Catatan Ini ke Pemerintah

Abdul Basith, Staf Bidang Pengaduan Konsumen dan Hukum YLKI, masih ada dua catatan dari pelaksanaan registrasi kartu prabayar ini.

Tenggat Waktu Registrasi Sudah Dekat, YLKI Memberikan Dua Catatan Ini ke Pemerintah
Istimewa
Ilustrasi proses registrasi 

WARTA KOTA, PALMERAH----Sebanyak 256,97 juta nomor pemilik kartu prabayar sudah melakukan registrasi pada Kamis (22/2/2018).

Pemerintah mewajibkan semua calon pelanggan dan pelanggan lama kartu prabayar agar melakukan registrasi dengan validasi NIKdan nomor kartu keluarga (KK) sebelum 28 Februari 2018.

Jumlah pelanggan yang sudah melakukan registrasi itu diapresiasi oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). YLKI menilai masyarakat sudah memiliki kesadaran yang sudah bagus.

Meski demikian, kata Abdul Basith, Staf Bidang Pengaduan Konsumen dan Hukum YLKI, masih ada dua catatan dari pelaksanaan registrasi kartu prabayar ini.

Catatan pertaman, menurut Basith, adalah sosialisasi solusi bagi masyarakat yang gagal melakukan registrasi. Ini lebih karena sistem yang tidak dipahami masyarakat.

“Kedua, meningkatkan sosialisasi ke masyarakat di daerah dan pengguna yang sudah berumur. Umumnya mereka masih awam dan ponsel masih menggunakan jaringan 2G,” kata Basist, Kamis (22/2/2018).

Baca: Registrasi Kartu Pra Bayar Hampir Berakhir, Kominfo Tidak Ada Perpanjangan Masa Registrasi

Basith berharap ada solusi untuk melakukan registrasi bagi yang gagal melakukan registrasi tanpa harus datang ke Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan atau ke galeri milik operator selular.

Mengingat tenggat waktu registrasi prabayar yang sudah semakin dekat, YLKI berharap sosialisasi dan edukasi kepada konsumen mengenai pentingnya registrasi prabayar harus semakin ditingkatkan baik oleh operator maupun regulator.

"Dukungan operator cukup tinggi, ada yg sampai memberikan berbagai bonus ke pelanggan yang mndaftar, namun masih ada operator yang belakangan kurang aktif mensosialisasikan registrasi. Tidak seperti di awal," kata Basith

Kontan.co.id/Ahmad Febrian

Berita ini sudah diunggah di Kontan.co.id dengan judul Jelang Tenggat, Operator dan Regulator Gencar Sosialisasi Registrasi Prabayar

Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help