Ini Sanksi Melanggar Izin Pembuangan Limbah Cair

Luthfi mengatakan, bagi perusahaan yang mengacuhkan aturan bakal dilaporkan ke polisi.

Ini Sanksi Melanggar Izin Pembuangan Limbah Cair
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Pencemaran air Kali Bekasi disebabkan oleh pembuangan limbah dari pabrik yang berada dekat dengan kali. 

WARTA KOTA, BEKASI---Tiga dari 14 pabrik yang berdiri di sepanjang bantaran Kali Bekasi, Kota Bekasi, belum memiliki izin pembuangan limbah cair (IPLC).

Jumhana Luthfi , Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, mengatakan, bila izin IPLC belum diterbitkan seharusnya perusahaan tidak boleh beroperasi. Guna menghindari hal itu, pihaknya rutin mengecek ke pabrik-pabrik dan bila ada perusahaan yang melanggar, pemerintah akan memberikan sanksi.

Jenis sanksi, kata Jumhana, diberikan secara bertahap dari teguran, peringatan, penyegelan, pencabutan izin hingga dilaporkan ke polisi.

Beberapa waktu lalu telah menyegel dan mempolisikan PT Millenium Laundry di kawasan Bantargebang, Kota Bekasi karena dituding mencemarkan lingkungan.

Ada tiga jenis polusi yang dihasilkan oleh perusahaan di bidang jasa pencucian celana jeans ini. Pertama polisi udara dari asap sistem pengering, polisi air dari limbah cair yang dibuang ke kali, dan polisi suara dari mesin yang dihasilkan sistem pengering.

"Bagi perusahaan belum memiliki IPLC, maka seharusnya perusahaan belum boleh beroperasi. Minimal, meski beroperasi, diwajibkan tidak mengeluarkan limbah cair terlebih dahulu," kata Luthfi di Plaza Pemerintah Kota Bekasi, Selasa (20/2/2018).

Luthfi mengatakan, bagi perusahaan yang mengacuhkan aturan bakal dilaporkan ke polisi. Mereka bisa dijerat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3).

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help