Piala Presiden 2018

Baru Sehari Ditonton Jakmania Kondisi GBK Sudah Babak Belur

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, kerusakan taman di Gelora Bung Karno (GBK) mencapai 80 persen.

Baru Sehari Ditonton Jakmania Kondisi GBK Sudah Babak Belur
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Pintu masuk sektor 9 Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, tampak mengalami kerusakan, Minggu (18/2/2018). Stadion Utama Gelora Bung Karno mengalami sejumlah kerusakan usai final Piala Presiden 2018. Pengelola SUGBK akan melakukan proses penghitungan kerusakan. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, kerusakan taman di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, mencapai 80 persen.

Taman itu rusak setelah pertandingan final sepak bola Piala Presiden 2018 yang berlangsung Sabtu (17/2/2018) lalu.

"Taman ini (di GBK) ada 4,8 hektar, yang rusak sekitar 80 persen," ujar Basuki seusai meninjau kerusakan fasilitas di GBK, Senin ini.

Basuki menyampaikan, taman yang rusak itu akan segera diperbaiki. Dia menyebut perbaikan taman membutuhkan waktu  cukup lama.

Baca: GBK Rusak Lagi, Sandi : Ini Cermin Bangsa dan Negara

Meskipun begitu, Basuki optimistis perbaikan taman akan selesai sebelum Asian Games berlangsung Agustus mendatang.

"Ini kan dia butuh waktu. Makanya kami kan curi start untuk nanam-nanam ini Ini pasti kami tanami lagi, kami masih punya Maret, April, Mei, Juni. Masih okay," kata Basuki.

Dari pantauan Kompas.com, banyak tanaman yang rusak karena terinjak-injak. Tak hanya rusak, taman di kawasan GBK itu juga masih dipenuhi sampah. Sampah-sampah itu didominasi plastik, bungkus makanan, dan styrofoam. 

Para petugas masih terus membersihkan sampah-sampah tersebut.

Baca: Kepala Dinas SDA Asal Bunyi Soal Waduk Bikin Marah DPRD

Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK) Winarto mengatakan, fasilitas lainnya yang rusak akibat pertandingan final yang mempertemukan Persija Jakarta versus Bali United, salah satunya kerusakan pintu masuk SUGBK.

"Taman, kemudian pintu 7, pintu 9, lalu pembatas penonton dengan lapangan itu ada frame kerangka akrilik, ada 7 segmen, 1 segmennya 1 meter-lah, jadi 7 meter kira-kira itu lepas," kata Winarto.

Fasilitas lainnya yang rusak yakni lipatan (flip up) sebuah kursi penonton yang lepas. Namun, flip up kursi itu sudah dipasang kembali.(Nursita Sari)

Berita ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul 'Menteri Basuki: Taman di GBK 4,8 Hektar, yang Rusak Sekitar 80 Persen'.

Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help