Kader Pemuda Pancasila Dilatih Berikan Pertolongan Pertama Kecelakaan

Keuntungan pertolongan pertama yaitu, dapat menyelamatkan nyawa, mengurangi nyeri dan disabilitas, meningkatkan kesadaran akan safety

Kader Pemuda Pancasila Dilatih Berikan Pertolongan Pertama Kecelakaan
Warta Kota/Feryanto Hadi
Kader Pemuda Pancasila saat mengikuti pelatihan pertolongan pertama kecelakaan yang berlangsung di Hotel Puri Denpasar, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (17/2). 

WARTA KOTA, MAMPANG -- Pengurus wilayah satuan siswa pelajar dan mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila (PP) DKI Jakarta, bekerjasama dengan bidang kesehatan dan sosial masyarakat majelis pimpinan wilayah (MPW), PP DKI Jakarta mengelar acara First Aid & CPR Training.

Ketua PP MPW DKI Jakarta Thariq Mahmud mengatakan, pertolongan pertama sangat dibutuhkan, mengingat risiko kecelakaan dapat terjadi dimana saja dan kapan saja.

"Karena PP harus siap hadir di tengah-tengah masyarakat untuk melakukan kerja sosial, salah satunya melakukan pertolongan pertama jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya ada kecelakaan lalin, musibah atau yang lainnya," ungkapnya di Hotel Puri Denpasar, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (17/2).

Sementara itu, Ketua Sapma Pemuda Pancasila DKI Jakarta Shaquille Rekardianto mengatakan, acara First Aid & CPR Training sangat penting bagi seluruh kader pemuda Pancasila baik Sapma, Koti, dan kader secara umum.

"Karena mengaplikasikan nilai Pancasila adalah dengan hidup bersama dalam kebhinekaan dan menolong sesama," ujarnya

Acara yang digelar di hotel Puri Denpasar, Setiabudi, Jakarta Selatan diikuti perwakilan Sapma se DKI, dan Kader PP perwakilan dari MPC se DKI Jakarta.

Sementara itu, Ketua Bidang Kesehatan & Sosial Masyarakat Pemuda Pancasila MPW DKI Dr. Abdy, M.OH, SpAK, yang juga selaku Trainer First Aid menjelaskan bagaimana cara memberikan pertolongan pertama untuk orang sakit atau terluka akibat kecelakaan, sebelum penanganan diserahkan kepada tim medis.

"Keuntungan pertolongan pertama yaitu, dapat menyelamatkan nyawa, mengurangi nyeri dan disabilitas, meningkatkan kesadaran akan safety dan mengurangi tingkat kecelakaan."

"Sedangkan formula untuk pertolongan pertama antara lain, dengar, response, airway, breathing, circulation, (D.R.A.B.C)," ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga dibagikan Buku Pedoman Pertolongan Pertama, dan Bantuan Hidup Dasar MPW Provinsi DKI Jakarta.

"Dengan buku pedoman ini, kami berharap, setiap kader dapat memahami bagaimana penanganan awal untuk kecelakaan dalam bermacam situasi dan tempat. Tujuannya, dapat menjadi perpanjangan tangan dari organisasi kita untuk membagi pengetahuan ini ke sesama khususnya keluarga, dan orang-orang terdekat," ungkap Abdy.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help