Piala Presiden 2018

Tiga Kali Piala Presiden Digelar, Juara dan Runner Up-nya Selalu Berbeda

Turnamen Piala Presiden pertama kali digelar pada 2015, untuk mengisi kekosongan kompetisi.

Tiga Kali Piala Presiden Digelar, Juara dan Runner Up-nya Selalu Berbeda
istimewa
Logo Piala Presiden 2018. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Turnamen Piala Presiden pertama kali digelar pada 2015, untuk mengisi kekosongan kompetisi. Namun pada edisi selanjutnya, turnamen ini dijadikan ajang pramusim.

Peserta Piala Presiden pada awalnya hanya 16 tim, yang saat itu berlaga di Liga Super Indonesia. Namun pada edisi selanjutnya, peserta menjadi 20 klub dari Liga 1 dan Liga 2.

Piala Presiden adalah turnamen pengganti Liga Super Indonesia setelah PSSI terkena sanksi FIFA pada Mei 2015.

Baca: Hadiah Juara Piala Presiden 2018 Naik Rp 300 Juta

Kekosongan turnamen membuat Mahaka Sports and Entertainment menggagas Piala Presiden sebagai sumbangsih bagi dunia sepak bola nasional.

Di edisi pertama, Persib Bandung menjadi juara, usai mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 2-0, pada laga final yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pada 2017, PSSI yang telah terbebas dari sanksi FIFA, mengagendakan kembali gelaran Piala Presiden. Mahaka Sports and Entertainment tidak dilibatkan dalam penggagasan turnamen yang dijuarai oleh Arema FC ini, setelah menang 5-1 atas Pusamania Borneo FC di Stadion Pakansari.

Tahun ini, PSSI kembali menggelar Piala Preside, yang menjadi pemanasan sebelum gelaran Liga 1 2018. Persija menjadi juara di edisi ketiga ini, setelah menekuk Bali United di skor 3-0 pada partai puncak di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. (*)

Penulis: Yaspen Martinus
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved