Home »

News

» Jakarta

Pameran Foto Musim Dingin Ukraina di Monas Perkuat Kerjasama Kebudayaan Dua Negara

Dalam pameran foto ini ditampilkan setidaknya ada 40 foto tentang Ukraina baik saat di musim dingin maupun saat musim panas.

Pameran Foto Musim Dingin Ukraina di Monas Perkuat Kerjasama Kebudayaan Dua Negara
Warta Kota
Menandai satu dekade, tepatnya sejak tahun 2007, kerjasama antara Kiev dengan Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiga Uno meresmikan pembukaan pameran foto bertajuk 'Musim Dingin dan Summer di Kiev Ukraina' di Museum Diorama Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat pada Kamis 15 Februari 2018. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Menandai satu dekade, tepatnya sejak tahun 2007, kerjasama antara Kiev dengan Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiga Uno meresmikan pembukaan pameran foto bertajuk 'Musim Dingin dan Summer di Kiev Ukraina' di Museum Diorama Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat pada Kamis 15 Februari 2018.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Dubes RI untuk Ukraina Prof Dr Yuddy Chrisnandi yang berperan aktif menjembatani kegiatan budaya tersebut hingga terlaksana dan mendapat dukungan langsung dari Biro Kerjasama Luar Negeri Pemprov DKI.

Peresmian ditandai dengan pertukaran buku tentang wisata Jakarta dan buku Famous Ukraina.

Dalam pameran foto ini ditampilkan setidaknya ada 40 foto tentang Ukraina baik saat di musim dingin maupun saat musim panas.

"Kami menampilkan beragam suduk kota Kiev, yang merupakan tempat tempat menarik bagi wisatawan. Tempat tempat tersebut kami tuangkan dalam bentuk foto baik saat musim dingin maupun musim panas," ujar Feder Balandin, Curator Anne de Kiev yang menyertakan koleksi fotonya dalam pameran tersebut.

Pesan dalam foto foto tersebut terbilang kuat dan penuh makna. Sebagai contoh dalam sebuah foto tampak sebuah sudut kota kosong melompong berselimut salju tanpa bangunan dan berada di kawasan komersial.

"Kami ingin membagi pesan kepada warga bahwa lahan itu biarkan tetap kosong karena kami butuh space, janganlah bangunan beton mengepung kita. Bersama warga kota yang lain kami akan protes, misalnya suatu hari lahan kosong itu tiba tiba dibangun kawasan apartemen atau pertokoan," ungkap Balandin yang juga mantan wartawan dan kini menjadi Direktur Indonesia House di kota Kiev.

Dalam pameran foto tersebut turut ditampilkan miniatur patung karya Skrytutskyy Kostyantyn kelahiran 1982 lulusan Fakultas Seni Rupa National Academy Fine Arts Ukraina sebuah Sekolah Seni terkemuka di kota Kiev.

"Saya menggabung bahan baku tembaga, keramik dalam pembuatan patung," kata Konstyantyn yang patungnya bertajuk 'Sebuah Pemandangan Lembah' bisa ditemukan terpasang di kawasan Old City kota Kiev. Diantaranya patung berbentuk empat jenis burung.

"Kami sangat tersanjung dan terhormat bisa mendapat kesempatan berpameran di sebuah tempat yang sangat bergengsi di Monas ini. Doa kami hubungan Ukraina dan Indonesia di masa masa mendatang makin kuat dan saling memberi manfaat bagi kedua negara," ungkap Balandin.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help