BPS: Ekspor Impor Indonesia Masih Didominasi Cina

impor nonmigas China ke Indonesia pada Januari 2018 tercatat sebesar 3,758 miliar dollar AS.

BPS: Ekspor Impor Indonesia Masih Didominasi Cina
Tribunnews.com/NICOLAS MANAFE
Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping melakukan pertemuan bilateral di Great Hall of the People Beijing, Minggu (14/5/2017). 

WARTA KOTA, JAKARTA- Badan Pusat Statistik ( BPS) melaporkan,China masih menjadi mitra perdagangan utama Indonesia. Ini terbukti dari negara tujuan ekspor dan impor Indonesia yang masih dipimpin oleh China.

Pada Januari 2018, ekspor nonmigas Indonesia ke China tercatat sebesar 1,919 miliar dollar AS. Sementara itu, impor nonmigas China ke Indonesia pada Januari 2018 tercatat sebesar 3,758 miliar dollar AS.

"China masih menjadi negara tujuan utama ekspor Indonesia," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (15/2/2018).

Ekspor terbesar produk Indonesia ke China pada Januari 2018 antara lain bahan bakar mineral, minyak mineral, lemak dan minyak nabatai atau hewani, besi dan baja, serta pulp dari kayu atau bahan selulosa. Selain itu, Indonesia juga mengekspor karet dan barang dari karet, bijih, kerak, dan abu logam, serta produk kimia.

Sementara itu, Indonesia mengimpor antara lain mesin dan peralatan listrik mesin atau pesawat mekanik, serta plastik dan barang dari plastik dari China.

Selain China, negara tujuan ekspor Indonesia antara lain Amerika Serikat sebesar 1,54 miliar dollar AS dan Jepang sebesar 1,385 miliar dollar AS. Peran ekspor Indonesia ke China, AS, dan Jepang mencapai 36,81 persen.

China pun masih menjadi negara asal impor terbesar Indonesia dengan peran mencapai 28,94 persen. Selain itu, negara asal impor terbesar lainnya adalah Korea Selatan, Taiwan, dan Jerman.

  KOMPAS.COM/Sakina Rakhma Diah Setiawan

Berita ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul China Masih Jadi Mitra Dagang Utama Indonesia

Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help