WartaKota/

Pencegahan Kanker dengan Menerapkan Perilaku CERDIK

Terjadi peningkatan kejadian kanker di dunia 300 persen pada tahun 2030, dan mayoritas di negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

Pencegahan Kanker dengan Menerapkan Perilaku CERDIK
Thinkstockphotos
Ilustrasi kanker 

WARTA KOTA, JAKARTA---Ancaman kanker di Indonesia semakin meningkat seiring dengan perubahan pola hidup masyarakat. Menurut Organisasi Penanggulangan Kanker Dunia dan Badan Kesehatan Dunia, diperkirakan terjadi peningkatan kejadian kanker di dunia 300 persen pada tahun 2030, dan mayoritas terjadi di negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

Secara nasional prevalensi penyakit kanker pada penduduk semua umur di Indonesia tahun 2013 sebesar 1,4 persen atau diperkirakan sekitar 347.792 orang.

Kanker tertinggi yang terjadi pada perempuan di Indonesia adalah kanker payudara dan kanker serviks. Sedangkan pada laki-laki adalah kanker paru dan kanker kolorektal.

Berdasarkan Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI selama tahun 2010-2013, kanker payudara, kanker serviks, dan kanker paru merupakan tiga penyakit terbanyak di Jakarta, dan jumlah kasus baru serta jumlah kematian akibat kanker tersebut terus meningkat. Oleh karena itu, diperlukan dukungan semua pihak agar untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

Sebagai salah satu bentuk dukungan kepada pasien kanker, PT Kalbe Farma Tbk. melalui Kalbe Ethical Customer Care (KECC) bersama Indonesia Cancer Care Community (ICCC) memperingati Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) di La Piazza Kelapa Gading, Jakarta Utara, baru-baru ini.

Peringatan tersebut dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari pasien, survivor, dan pemerhati kanker. Rangkaian kegitan yang diselenggarakan di antaranya talkshow terkait tema kanker, pemeriksaan kesehatan seperti tensi dan gula darah, serta berbagai hiburan.

"Kami harus terus memberi semangat agar para penderita kanker tidak putus asa dan tetap produktif," Ridwan Ong, Direktur Marketing Farma PT Kalbe Farma Tbk.

Tema Hari Kanker Sedunia tahun ini merupakan bagian dari tema untuk rangkaian tiga tahun 2016-2018, yaitu 'Kita Bisa. Aku Bisa' yang bertujuan menjangkau masyarakat secara kolektif maupun individual untuk menjalankan peranannya masing-masing dalam rangka mengurangi beban akibat kanker.
Sebagai informasi, pemerintah sendiri menggalakkan pencegahan kanker dengan menerapkan perilaku CERDIK yaitu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola stres.

Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help