Jalan di Berlan Retak 100 Meter, 40 Rumah Terancam Runtuh

Ruas Jalan Kesatrian X, RT 12 RW 03 Kelurahan Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur, retak sepanjang 100 meter.

Jalan di Berlan Retak 100 Meter, 40 Rumah Terancam Runtuh
Warta Kota/Rangga Baskoro
Ruas Jalan Kesatrian X, RT 12 RW 03 Kelurahan Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur, retak sepanjang 100 meter. 

WARTA KOTA, MATRAMAN---Ruas Jalan Kesatrian X, RT 12 RW 03 Kelurahan Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur, retak sepanjang 100 meter.

Akibatnya, ambles'>jalan ambles dan miring ke arah Sungai Ciliwung yang berada di sebelah jalan tersebut. Pantauan di lokasi, warga memalang jalan di kedua ujung agar kendaraan tidak lewat. Terdapat papan bertulisan: "Jalan Ditutup. Bahaya. Rawan longsor".

Rekahan 100 meter mulai dari depan rumah bernomor 18 di timur hingga sebuah musala di barat. Jalan ini tepat di sebelah selatan Sungai Ciliwung.

Baca: Perbaikan Jalan Ambles di Tugu Selatan Rampung

Rudi Hartono dari Lembaga Musyawarah Kelurahan RW 03 Kebon Manggis mengatakan, retakan muncul bertepatan saat banjir mulai melanda Jakarta awal pekan lalu. Di sebelah barat retakan tersebut terdapat garis retakan tipis sepanjang sekitar 10 meter.

"Retakan tipis ini kemarin (Senin, 12/2/2018) belum ada," kata Rudi, Selasa (13/3/2018).

Rudi menduga retakan terjadi karena kegiatan pengangkutan sampah sering dilakukan di sekitar Sungai Ciliwung. Sudah lebih dari dua tahun truk-truk sering melintasi jalan itu.

Baca: Pengendara Takut Tercebur ke Kali Sunter karena Bibir Jalan Bukit Gading Raya Ambles

Warga yang tinggal di sepanjang jalan tersebut khawatir jalan yang ambles semakin parah dan membuat bagian dari rumah mereka ambrol. Ketua RW 03, Sumiati, mengatakan, sebanyak 40 rumah di Jalan Kesatrian X terancam runtuh akibat peristiwa ini.

Selain jalan yang ambles, ada pula rumah yang longsor, yaitu di sisi utara sungai di Kelurahan Pegangsaan, Jakarta Pusat, di seberang Jalan Kesatrian X. Bagian belakang sebuah rumah terpantau sudah runtuh.

Rudi mengatakan, bagian belakang rumah itu ambrol kemarin Senin pukul 11.45.

Menurut Rudi, solusi terbaik adalah meneruskan pemasangan dinding turap (sheetpile) hingga mencakup wilayah RW 03 Kebon Manggis. Saat ini, pembangunan dinding turap berhenti di RW 02.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved