WartaKota/

Bisnis Perhotelan di Indonesia Memasuki Era Baru

Azana Hotels and Resort Management yang dirintis sejak 12 tahun lalu saat ini telah mengelola 30 hotel.

Bisnis Perhotelan di Indonesia Memasuki Era Baru
Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Dicky Sumarsono 

WARTA KOTA, PALMERAH---Bisnis perhotelan di Indonesia memasuki era baru. Kondisi itu tidak lepas dari perubahan di berbagai bidang, meliputi perkembangan teknologi komunikasi, munculnya generasi milenial yang berperan besar sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi, kebutuhan pola pikir, pola kerja baru, dan model bisnis.

Menurut Dicky Sumarsono, Chief Executive Officer (CEO) Azana Hotels and Resorts Management, kondisi ini tidak jarang membuat pelaku perhotelan terkejut dengan perubahan yang cepat jika tidak siap. Apalagi, konsumen saat ini semakin sulit untuk dipuaskan.

"Oleh karena itu, butuh kecepatan dalam merespon perubahan dan kebutuhan konsumen. Apalagi tidak, hal ini membuat loyalitas konsumen pun sulit dipertahankan karena mudah berpindah hanya karena hal kecil," kata Dicky beberapa waktu lalu.

Baca: Tauzia Hotels Beri Diskon 30 Persen di Valentines Day

Dicky mengatakan, kondisi ini dinilai sejumlah pihak merupakan kondisi abnormal. Padahal kondisi tersebut merupakan kondisi normal yang membuka peluang baru lebih banyak.

Azana Hotels and Resort Management yang dirintis sejak 12 tahun lalu, kata Dicky, saat ini telah mengelola 30 hotel dan akan bertambah tujuh properti lagi di bulan Maret hingga menjadi 50 hotel pada akhir 2018.

"Azana mengikuti perubahan yang ada dan melakukan sejumlah strategi baru, mulai dari zooming atau pengenalan potensi yang lebih lagi dan optimalisasi bisnis, adventuring, melihat bisnis tidak hanya dari hotel tapi dari industri lain yang sukses, hingga pemberian berbagai macam gimik menarik secara rutin," kata Dicky.

Dicky mengatakan, zooming diperlukan untuk memaksimalkan setiap potensi yang ada. Termasuk bisnis perhotelan harus melakukan adventuring yaitu melihat pola bisnis lain, seperti maskapai penerbangan, fesyen, otomotif, dan lainnya untuk mengembangkan diri.

Baca: Inilah Penampakan Kamar Hotel Presiden Jokowi yang Cuma Rp 450 Ribu per Malam

Menciptakan model bisnis baru untuk menarik pasar baru tumbuh. Untuk mengantisipasinya Azana telah meluncurkan aplikasi Azana Traveller Apps yang bisa diunduh di Playstore sejak bulan Desember 2017.

Halaman
12
Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help