WartaKota/
Home »

Bisnis

» Mikro

Ada Tiga Tawaran Kemitraan Usaha Camilan Berbahan Jamur

Ini ada tiga tawaran kemitraan yang menawarkan camilan berbahan jamur, Anda bisa menyimak tawaran ketiga mitra itu.

Ada Tiga Tawaran Kemitraan Usaha Camilan Berbahan Jamur
diradio.net
Ilustrasi jamur. 

WARTA KOTA, JAKARTA---Camilan berbahan jamur semakin digemari. Banyak pengusaha yang menawarkan usaha ini. Termasuk pengusaha makanan olahan jamur menawarkan kemitraan.

Ini ada tiga tawaran kemitraan yang menawarkan camilan berbahan jamur. Bagaimana perkembangan usaha dari tiga pengusaha yang menawarkan kemitraan. Termasuk investasi untuk menjalankan usaha ini berdasarkan konsep kemitraan.

1. Jamur Crispy Mr. R

Adalah Suratman yang membuka bisnis Jamur Crispy Mr. R di Solo, Jawa Tengah, sejak 2008 dan langsung menawarkan kemitraan. Pada September 2016, ia sudah memiliki 72 mitra. Kini, jumlah mitra berkembang menjadi 95 gerai di seluruh Indonesia.

Suratman belum mengubah nilai investasi kemitraannya, yakni harga Rp 5 juta, Rp 6 juta, dan Rp 12 juta. Fasilitas yang diperoleh mitra yakni booth, perlengkapan, bahan baku jamur. dan pelatihan karyawan.

Mitra wajib memasok bahan baku ke pusat. Suratman tidak mengutip biaya royalti. Selain nilai investasi, harga jual produknya juga tidak berubah, yakni Rp 5.000 hingga Rp 8.000.

Mengikuti tren pasar, Suratman juga menyiapkan tahu krispi dan keripik jamur kemasan kering.

Dalam mengembangkan bisnis kemitraannya, kendala yang yang dia hadapi adalah menyiapkan bahan baku jamur tiram segar bagi mitra yang ada di luar Pulau Jawa. Seperti di Makassar, Batam, dan Kalimantan Barat.

Solusi untuk pengembangan di wilayah-wilayah tersebut adalah mengajak calon mitra menjadi reseller jamur krispi.

Selain itu, dia aktif berpromosi melalui sosial media seperti Facebook, masuk ke dalam berbagai komunitas wirausaha, petani jamur dan menggandeng supplier jamur. Awal tahun 2018 ini, Suratman sudah menambah dua mitra baru yaitu dari Jakarta dan Madiun.
"Kami berharap tetap bisa menggandeng lebih banyak mitra di Indonesia," ucapnya.

Halaman
123
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help