Menargetkan 1.500 Pelayanan Dilayani di Mal Pelayan Publik

Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bekasi, menargetkan setiap hari akan ada 1.500 pelayanan dilayani.

Menargetkan 1.500 Pelayanan Dilayani di Mal Pelayan Publik
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Warga menunggu dilayani di Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi, Senin (12/2/2018). 

WARTA KOTA, BEKASI---Kota Bekasi memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP) di Mal Pasar Proyek (dulu Bekasi Junction), Jalan Ir H Djuanda, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Senin (12/2/2018).

Amit Riyadi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bekasi, menargetkan setiap hari akan ada 1.500 pelayanan dilayani di MPP. Dinas telah menggandeng sembilan instansi vertikal dan horizontal dalam pelayanan ini.

Bahkan ke depan seluruh kepengurusan administrasi bakal dikerahkan terpusat di dalam mal ini, termasuk pelayanan pembuatan paspor.

"Lebih dari 40 pelayanan bisa didapat warga di dalam satu tempat sehingga lebih memudahkan warga menurus berkas apapun. Ada juga pelayanan dari kepolisian," kata Amit.

Adanya pelayanan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) plus ini dengan menggandeng instansi vertikal, kata Amit, merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor 37 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP).

Meski baru dibuka pada Senin pagi, mal pelayanan publik Pemerintah Kota Bekasi langsung diserbu ratusan masyarakat. "Paling banyak mengurus dokumen kependudukan dan perpanjangan SIM," katanya.

Mal pelayanan publik melayanai hampir semua izin yang yang di pemerintah, semua dokumen kependudukan berupa KK, KTP elektronik, akta kelahiran. Selain itu juga bisa membayar PBB, tagihan PDAM Tirta Patriot. Sedangkan untuk layanan kepolisian melayani izin keramaian, SKCK, SIM, maupun STNK.

"Mal pelayanan publik di Kota Bekasi merupakan yang pertama di Jawa Barat. Sedangkan secara nasional, di Kota Bekasi merupakan yang kelima," kata Amit.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help