Idrus Marham Dorong Pemda Verifikasi Data Fakir Miskin

Menteri Sosial mendorong pemda berperan aktif melakukan verfikasi dan validasi data terpadu dalam penanganan fakir miskin

Idrus Marham Dorong Pemda Verifikasi Data Fakir Miskin
Warta Kota/Dwi Rizki
Menteri Sosial Idrus Marham saat berbincang dengan Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya di sela-sela peninjauan ke lokasi bencana di Lebak, Banten pada Rabu (14/1/2018). 

WARTA KOTA, PADEMANGAN -- Menteri Sosial Idrus Marham mendorong agar pemerintah daerah (pemda) berperan aktif dalam melakukan verfikasi dan validasi data terpadu dalam penanganan fakir miskin dan perlindungan sosial.

Hal itu diungkapkan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Data Terpadu yang digelar di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Senin, (12/2) yang diikuti Kepala Dinas Sosial Provinsi dan Kota/Kabupaten se-Indonesia.

“Tujuannya adalah agar semakin mudah sistem tersebut diakses dan digunakan. Sehingga diharapkan akan semakin cepat dan mudah bagi pemda meng-update datanya," katanya, Senin (12/2).

Sesuai dengan UU No. 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin, Kementerian Sosial memiliki kewenangan dalam menetapkan kriteria fakir miskin sebagai dasar untuk dilakukan pendataan.

Untuk itu peran data dalam program penanggulangan kemiskinan sangat krusial karena berkaitan dengan penetapan sasaran penerima program.

Hingga akhir Januari 2018, sudah ada 286 kabupaten/kota dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia yang telah melakukan update data.

“Ketepatan dalam menetapkan sasaran program penanggulangan kemiskinan sangat penting untuk menjamin keefektifan program penanggulangan kemiskinan,” ujarnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved