Sepekan Mengungsi, Ribuan Warga Kelurahan Pengadegan Mulai Membawa Pulang Perabotannya

Ribuan warga Kelurahan Pengadegan mulai membawa kembali sejumlah perabotan ke rumah setelah sepekan rumah mereka terendam lumpur.

Sepekan Mengungsi, Ribuan Warga Kelurahan Pengadegan Mulai Membawa Pulang Perabotannya
Warta Kota/Feryanto Hadi
Warga Pengadegang mulai membawa pulang perabotan rumah setelah sepekan mengungsi, Minggu (11/2/2018). 

WARTA KOTA, PANCORAN---Ribuan warga Kelurahan Pengadegan mulai membawa kembali sejumlah perabotan ke rumah masing-masing setelah sepekan rumah mereka terendam lumpur, Minggu (11/2/2018)

Mereka mulai beranjak dari sejumlah posko pengungsian yang telah mereka tempati sejak banjir besar melanda permukiman mereka, Selasa (6/2/2018). Banjir itu disebabkan meluapkan Sungai Ciliwung. Terlebih, sebagian perkampungan di RW 01 berada di daerah cekungan.

Asih (47), warga RT07 RW 01, pada Minggu petang masih sibuk mengangkat berbagai barang miliknya dari tepi jalan besar menuju ke rumahnya yang berada di gang sempit. Dibantu sejumlah kerabat, ia mencoba mengangkat sebuah kulkas satu pintu.

"Iya ini mulai beres-beres. Lumpurnya sudah mulai bersih," kata Asih.

Baca: Anak-anak Korban Banjir di Pengadegan Butuh Trauma Healing

Asih berkisah banjir setinggi sekitar tiga meter pada Senin (5/2/2018) malam telah menenggelamkan rumahnya. Sebagian isi rumah tak bisa diselamatkan karena begitu cepatnya air luapan Ciliwung datang.

"Airnya sampai ke genteng. Rumah saya tidak kelihatan. Sedih rasanya," katanya.

Selama sepekan tinggal bersama pengungsi lainnya di posko yang disediakan. Selama itu pula ia hanya bisa mondar-mandir ke rumahnya, hanya sekadar memantau ketinggian genangan.

"Kalau sekarang masih ada genangan, tapi cuma semata kaki. Makanya sekarang mulai diberesin. Mudah-mudahan malam ini tidak hujan," harapnya.

Sementara itu, ratusan warga setempat masih berlalu-lalang mengangkut barang mereka dari lokasi pengungsian ke rumah di perkampungan.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help