Nanan: Kumpul Bareng Jadi Alat Pemersatu

Nanan Sukarna mengatakan keberadaan komunitas secara tidak langsung akan menggerakkan ekonomi kreatif.

Nanan: Kumpul Bareng Jadi Alat Pemersatu
Warta Kota/Lucky Oktaviano
Komunitas otomotif kumpul bareng. 

WARTA KOTA, JAKARTA---Menjamurnya komunitas otomotif harus dilihat sebagai hal positif. Pasalnya, keberadaan komunitas secara tidak langsung akan menggerakkan ekonomi kreatif.

Demikian disampaikan oleh "sesepuh" komunitas otomotif nasional Komjen (Purn) Nanan Sukarna kala berbincang santai dengan Warta Kota dalam acara "Kumpul Bareng (Kumbar) Kedai Built Up 2nd Anniversary La Famille de 505" di Grand Kota Bintang, Kalimalang, Jakarta Timur, Minggu (28/1/2018).

"Sudah saatnya pemerintah memberikan perhatian lebih kepada komunitas otomotif, karena ini bukan sekadar kumpul-kumpul saja, melainkan bila ditarik lebih jauh, keberadaan komunitas otomotif ini akan menjadi penggerak roda ekonomi, terutama ekonomi kreatif," kata Nanan.

Baca: Nanan Sukarna: Daripada Balapan di Jalanan, Lebih Baik di Sirkuit

Menurut dia, salah satu contohnya adalah banyak bengkel yang bisa hidup karena pemilik mobil lawas pasti rajin mengecek mobilnya. "Belum lagi kalau kumpul-kumpul komunitas seperti acara LF505 ini pasti ada acara kulineran, bikin kaus, bikin stiker, jual pernaik-pernik. Ini semua kan terkait ekonomi kreatif," katanya.

"Seperti kita tahu pemerintah gencar menggalakkan ekonomi kreatif. Tidak usah jauh-jauh. Komunitas otomotif tinggal diberdayakan saja," ujarnya.

Mantan Wakapolri ini mengapresiasi acara yang diselenggarakan komunitas La Famille de 505 (LF505) yang menggelar acara HUT ke-2 dengan mengundang beragam komunitas, bukan cuma mengundang penggemar mobil Perancis seri 505 saja tetapi juga beragam komunitas otomotif, terutama komunitas mobil retro.

"Saya mengapresiasi acara yang digelar LF505 ini. Dengan banyaknya komunitas yang hadir, ini membuktikan bahwa komunitas bisa menjadi salah satu alat pemersatu dimana saat ini mudah sekali terjadi perpecahan di masyarakat. Ini harus bisa ditiru komunitas otomotif lainnya. Sekali lagi, selamat ulang tahun buat LF505," kata Nanan.

Penulis: Lucky Oktaviano
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved