Satwa Khas Australia Kini Ada di Taman Safari Prigen

TAMAN Safari Prigen, Sidoarjo, Jawa Timur, kembali memanjakan para pengunjungnya dengan menghadirkan satwa baru.

Satwa Khas Australia Kini Ada di Taman Safari Prigen
Petugas Australia Zoo dan Taman Safari Prigen tengah memindahkan satwa khas Australia yang akan ditempakan di Taman Safari Prigen. (Foto: Dok. TSI Prigen) 

WARTA KOTA, SIDOARJO -- TAMAN Safari Prigen, Sidoarjo, Jawa Timur, kembali memanjakan para pengunjungnya dengan menghadirkan satwa baru.

Kali ini, TSI Prigen mendatangkan binatang khas Australia berupa dua ekor Wombat dan 3 ekor Red-Neced Wallaby.

Wombat dan Red-Necked Wallaby ini tiba di Taman Safari Prigen pada Kamis ( 1/2). Keberadaan dua satwa ini merupakan hasil kerjasama ‘Breeding Loan’ Australia Zoo dan Taman Safari Prigen.

Binatang khas Australia, Wombat. Wombat menggali liang dengan gigi depan seperti hewan pengerat dan cakar yang kuat.
Binatang khas Australia, Wombat. Wombat menggali liang dengan gigi depan seperti hewan pengerat dan cakar yang kuat. (wikipedia)

“Exhibit bagi kedua satwa tersebut juga sudah disediakan, yang tak kalah penting untuk karantinanya pun juga sudah disediakan dengan baik,” kata Ashrully S.Y, Marketing and Communication Manager Taman Safari Prigen dalam keterangan tertulis, Jumat (2/2).

Dalam kurun waktu satu tahun sebelum satwa itu tiba di Indonesia, lanjut Ashrully, Taman Safari Prigen telah mengirimkan beberapa orang keeper, curator hingga dokter hewan yang kelak bertanggungjawab terhadap satwa itu.

Satu bulan sebelumnya, drh. Nanang Tejo Laksono telah dikirim ke Australia Zoo untuk memeriksa keadaan satwa–satwa itu.

Satwa penggali terbesar
Dua ekor Wombat di TSI Prigen itu bernama Wendy dan Wattle. Binatang yang memiliki nama latin Vombatus ursinus ini merupakan salah satu jenis satwa yang umumnya ditemukan di Australia bagian tenggara sampai ke selatan Tazmania.

Habitat mereka sangat bervariasi, dari hutan hujan tropis, hutan eucalyptus, perkebunan, padang rumput sampai ke tepi pantai.

Sebagai informasi, Wombat adalah satwa penggali terbesar. Mereka memiliki tubuh yang unik (seperti berjongkok) serta memiliki lengan yang kuat.

Berat badan mereka diantara 20 sampai 40 Kg dan panjang sampai dengan 1,3 m. Wombat umumnya adalah herbivor.

Halaman
12
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help